Warga Mantup Lamongan Temukan Bayi Laki-laki Terbungkus Kresek di Depan Warung

Lamongan, BeritaTKP.com – Bayi lucu berjenis kelamin laki-laki ditemukan warga Dusun Krajan, Desa Sukobendu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan di area persawahan atau dekat sebuah warung, desa setempat, pada Minggu (25/12/2022) kemarin.

Salah seorang petani bernama Mukajid (58), mengaku dirinya menemukan bayi laki-laki tersebut saat hendak pergi ke sawah sekitar pukul 05.00 WIB. Bayi nahas yang masih hidup itu tergeletak di kolong kursi warung milik Hartik dalam keadaan telanjang dan ditaruh di atas kresek. Beruntung, bayi tersebut segera dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis.

“Bayi berjenis kelamin laki-laki itu ditinggalkan oleh orang tuanya di kolong kursi bambu, di depan warung milik Saudari Hartik, Dusun Krajan Desa Sukobendu Kecamatan Mantup. Ditemukan pertama kali sekitar pukul 05.00 WIB, Minggu (25/12/2022),” ujar Kasi Humas Polres Lamongan, Iptu Anton Krisbiantoro.

Berdasarkan pengakuan saksi, Iptu Anton menceritakan, saat berjumpa dengan bayi tersebut, saksi menjadi panik. Akhirnya saksi meminta bantua kepada saksi lain bernama Imam (56), yang juga warga desa setempat. Setelah itu, keduanya segera menghubungi Ahmad Sujais (39), Anggota Polsek Mantup, agar segera datang ke lokasi.

Masih kata Anton, setibanya di lokasi, Sujais langsung mengevakuasi sang bayi dan membawanya ke rumahnya. Lalu, istri Sujais meminta pertolongan kepada bidan desa dan membawa bayi malang itu secara bersama-sama ke Puskesmas Mantup untuk diberikan perawatan medis.

Lebih lanjut, Anton menyampaikan, satu jam setelah penemuan sang bayi, terdapat salah satu petani desa setempat bernama Abdul Manan (56) menemukan ari-ari yang tergeletak di jalan pematang sawah, yang berjarak sekitar 200 meter dari Jalan Raya Desa Sukobendu.

“Ari-ari itu diduga milik bayi tersebut. Ditemukan oleh saksi Abdul Manan, di pematang sawah, yang berjarak sekitar 350 meter dari lokasi ditemukannya bayi yang berada di warung Hartik. Ari-ari itu kemudian dimasukkan oleh saksi ke dalam kresek warna hijau,” beber Anton.

Tak cukup itu, Anton menambahkan, terdapat barang lainnya yang juga ditemukan di sebelah bayi tersebut. Barang itu yakni rok motif batik berwarna coklat yang diduga milik ibu korban. Atas kejadian ini, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

“Bayi ini memiliki ciri-ciri berjenis kelamin laki-laki, dengan panjang bayi 46 Cm, berat 2,5 Kg, dan tali pusar sudah terpotong dengan kondisi tidak beraturan. Setelah meminta keterangan dari para saksi, kini polisi mengadakan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, serta melaporkannya ke pimpinan,” pungkas Anton. (Din/RED)