Puncak Gunung Lawu Pada Malam Tahun Baru 2023 Tetap Dibuka, Lebih 500 Pendaki Diperkirakan Hadir

Gerbang jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Magetan, BeritaTKP.com – Jelang Tahun Baru 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan tetap membuka jalur pendakian menuju Puncak Gunung Lawu via Cemoro Sewu. “Tetap buka jalur pendakian Gunung Lawu saat malam Tahun Baru 2023,” ujar Wakil ADM Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu, Yudiono, Senin (26/12/2022).

Yudiono mengatakan, di tahun ini tidak akan ada pembatasan seperti pada saat pandemi Covid-19. Jadi dirinya memperkirakan ada lonjakan jumlah pendaki pada malam tahun baru mendatang. “Perkiraan jumlah pendaki malam Tahun Baru bisa lebih 500, dari pengalaman sebelum pandemi,” ungkap Yudiono.

Meski tidak ada pembatasan, jelas dia, pengelola memastikan pendaki tetap mentaati peraturan. “Kita tidak ada pembatasan seperti saat pandemi. Kita tetap buka yang penting taati peraturan saat mendaki,” kata Yudiono.

Yudiono menambahkan, jumlah pendaki malam Tahun Baru 31 Desember 2021 saat pandemi COVID-19 hanya 147 dan 1 Januari 2022 hanya 177.

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan mengaku akan memantau dan pengamanan jalur pendakian via Cemoro Sewu dengan mendirikan satu pos pelayanan. Pendaki diimbau untuk membekali diri secara lengkap. Apalagi akhir-akhir ini sering terjadi hujan.

“Kita ada pos pelayanan di Cemoro Sewu, selain pos pengamanan di titik rawan kemacetan jalur wisata. Untuk pendaki agar waspada perbekalan, karena cuaca sering hujan,” jelas Ridwan. (Din/RED)