3 Rumah Warga Pesisir Tuban Rusak-Tanggul Jebol Akibat Diterjang Gelombang Tinggi

Tuban, BeritaTKP.com – Gelombang tinggi melanda kawasan pesisir pantai utara wilayah Kabupaten Tuban. Akibatnya sejumlah rumah warga rusak dan tanggul di Desa Karangagung, Kecamatan Palang rusak.

Ketinggian gelombang air laut yang menghantam permukiman warga Desa Karangagung  mencapai 5 hingga 7 meter, bahkan sempat mencapai atap rumah warga. Akibatnya, banjir rob menerjang perkampungan sekitar pukul 22.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB mencapai 50 cm hingga 1 meter.

“Gelombang air sangat tinggi, sampai di atas atap rumah semalam. Sehingga mengakibatkan banjir rob dan tanggul sampai jebol,” ujar Rudi selaku Ketua RW 04, Senin (26/12/2022).

Rudi menambahkan, banjir rob yang terjadi beberapa jam ini membuat dua rumah warga jebol dan rusak. Bahkan tanggul setinggi 2 meter dengan panjang sekitar 7 meter juga ambruk.

“Ini ada 3 rumah warga rusak di RT 14 dan tanggul jebol. Atas nama Ibu Ngat dan Ibu Tin, serta warga bernama Danang Prasetyo,” tegasnya.

Tak hanya menggenangi permukiman warga, banjir rob juga menggenangi jalan-jalan hingga teras rumah warga. Banjir mencapai 50 cm hingga 1 meter. “Air genangan di jalan jalan kampung sudah di atas lutut orang dewasa. Meluber hingga ke halaman dan teras rumah. Kebetulan pemukiman di sini sudah pada ditinggikan bangunannya,” ujarnya.

Dengan adanya kerusakan akibat banjir tersebut, Rudi berharap pemerintah membantu memperbaiki tanggil yang jebol dan ambruk. Agar warga tidak was-was lagi saat gelobang tinggi datang lagi. “Kita berharap tanggul segera diperbaiki pemerintah agar warga tidak was-was jika ada gelombang air lagi,” tambahnya.

Hingga pukul 08.00 WIB, belum tampak pihak petugas BPBD Tuban di lokasi pemukiman warga. “Belum ada petugas BPBD pagi ini ke sini,” tegasnya. (Din/RED)