Kejari Kabupaten Bandung Musnahkan Barbuk Kejahatan Yang Sudah Inkrah Periode Juli-Desember 2022

Bandung, BeritaTKP.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti dari 174 perkara tindak pidana yang sudah inkrah di pengadilan sejak Juli hingga Desember 2022.

Salah satu barang bukti yang dimusnahkan yaitu narkotika dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung Mumuh Ardiansyah merinci barang bukti narkotika yang dimusnahkan yaitu jenis ekstasi seberat 40,652 gram, 36,4735 gram sabu, 1,783 kilogram ganja, 36 gram ganja sintesis, dan 19 buah alat hisap sabu.

Kejari Kabupaten Bandung memusnahkan sejumlah barang bukti perkara yang sudah inkrah.

“Tidak sampai (Rp 500 juta), Rp 200 jutaan lebih lah (nominal narkotika yang dimusnahkan),” katanya, Selasa (27/12/2022).

Selain itu terdapat barang bukti lain yaitu bahan kimia formalin 23 karung, minuman beralkohol 1.777 botol, tembakau (rokok palsu tanpa cukai) sebanyak 436.740 batang, 1 pucuk air softgun, 44 senjata tajam, 52 kunci T, dan sejumlah helm.

Mumu mengatakan tidak ada barang bukti bergerak yang dimusnahkan.

“Kan yang bergerak itu bernilai ekonomis, itu kalau tidak di kembalikan ke korban atau kembali ke negara,” ucapnya.

Mumuh menuturkan hukuman bagi para pelaku dikenakan dengan hukuman variatif. Sehingga barang bukti tersebut saat ini telah inkrah.

“Vonis variatif yang jelas maksimal. Semua sudah inkrah dan berkekuatan hukum tetap jadi BB sudah tidak di pergunakan lagi,” katanya.

Sejumlah barang bukti narkotika langsung diblender petugas Kejari. Kemudian terlihat sejumlah minuman keras turut dihancurkan. (red)