4 Rumah di Kecamatan Geyer Grobogan Hanyut Terbawa Banjir Bandang

GROBOGAN, BeritaTKP.com – Sebanyak empat rumah di Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, hanyut terbawa banjir bandang yang melanda wilayah tersebut. Bencana juga mengakibatkan sebuah rumah roboh, dan puluhan rumah lainnya rusak berat.

Dua rumah yang hanyut berada di Desa Asemrudung dan dua lainnya di Desa Bangsri. Rumah berikut isinya hanyut terbawa banjir bandang yang terjadi Senin (26/12/2022) malam. Sementara, penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.

Sisa salah satu rumah yang hanyut diterjang banjir bandang Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Sejumlah lansia yang terjebak di dalam rumah dievakuasi dengan cara digendong ke tempat yang aman. Banjir bandang yang mengakibatkan sebuah rumah roboh dan puluhan lainnya rusak berat. Seluruh dinding yang terbuat dari bahan kayu jebol dan porak poranda.

“Hujan deras hampir 6 jam membuat aliran sungai di sepanjang desa meluap. Dalam hitungan menit, air dari sungai langsung masuk ke desa dan merendam puluhan rumah,” kata Kepala Dusun Asemrudung, Riko Budi Cahyono, Selasa (27/12/2022).

Kurang dari satu jam, ketinggian air mencapai 1,5 meter. Warga yang panik berusaha menyelamatkan keluarganya.

Kondisi serupa juga terjadi di Desa Bangsri yang posisinya berada di atas Desa Asemrudung. Selain dua rumah hanyut, dua ekor sapi hilang dan ditemukan mati terbawa arus sungai. Beberapa rumah yang nyaris ambruk disangga dengan kayu agar isinya tidak rusak tertimpa bangunan.

Saat ini pemerintah desa setempat tengah mendata seluruh rumah yang tertimpa musibah banjir bandang. Pascabencana, warga kedua desa mulai membersihkan puing-puing rumah yang roboh. Sedangkan sebagian lagi membersihkan endapan lumpur di dalam rumah.

Banjir juga mengakibatkan tanah milik warga amblas akibat tergerus aliran Sungai Asemrudung. Akibatnya, tanah tidak bisa ditempati lagi. Puluhan kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan mengungsi di rumah tetangga dan kerabat sampai rumah kembali dibangun. (red)