Gempa Berkekuatan M 3,6 SR dan M 4,0 Hari Ini Mengguncang Jember

Jember, BeritaTKP.com – Kabupaten Jember kembali dilanda gempa bumi sebanyak 2 kali, pada Rabu (28/12/2022) hari ini. Gempa terjadi dua kali dengan selisih waktu hanya beberapa menit sekitar pukul 08.00 WIB.

Salah satu Anggota Pusdalops BPBD Jember bernama Firman Arifiyanto membenarkan adanya guncangan gempa tersebut. “Tadi pagi gempa terjadi dua kali, guncangannya berkekuatan M 3,6 SR dan M 4,0. Untuk titik lokasi gempa hampir berdekatan,” katanya.

Gempa bumi tersebut berada di kedalaman 112 Km, di 10,45 Lintang Selatan, 113,28 Bujur Timur. Berjarak 253 Km arah barat daya Jember.

Gempa kedua terjadi M 4.0 sekitar pukul 08.10 WIB di kedalaman 10 Km barat daya Jember. Guncangan gempa kedua ini berpusat di 10,46 Lintang Selatan, 113,17 Bujur Timur. Berjarak 256 km arah barat daya Jember.

Menurut pria yang karib disapa Arif ini, dari guncangan gempa yang terjadi getarannya tidak dirasakan sampai ke wilayah kota. “Mungkin jarak episentrum gempa yang mungkin jauh dari kota, jadi tidak ada yang merasakan. Karena kan titik pusat gempa di laut,” katanya.

Namun pihaknya tetap berkoordinasi bersama relawan di seluruh kecamatan Jember, melalui warga atau komunikasi radio. “Tapi kita tetap pantau, dengan koordinasi bersama relawan di seluruh kecamatan di Jember. Lewat saluran komunikasi radio, kita sambung informasi apakah ada warga atau bangunan terdampak akibat gempa ini,” sambungnya. (Din/RED)