Minum Miras Oplosan, Penisunan PNS di Keerom Ditemukan Tewas Dikediamannya

ILUSTRASI

KEEROM, BeritaTKP.com – Pensiunan PNS bernama Petrus Pekikir (59), ditemukan tewas dirumah kediamannya yang berada di Kampung Yamara Pir 1, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Selasa (27/12/22). Dia tewas karena diduga mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan lokal jenis stiem.

Kasatresnarkoba Polres Keerom AKP Amir Mahmud mengatakan, korban semula memberikan uang kepada saksi MY. Korban, kata dia, minta dibelikan stiem di kediaman warga berinisial NS.

Setelah itu, MY bersama saksi lain berinisial AS mendapati korban tergeletak. Keduanya mengira korban tertidur.

“Saksi AS dan saksi MY pada saat akan membangunkan korban untuk makan tapi korban tidak kunjung bangun,” kata Amir, Rabu (28/12/2022).

Setelah mendapati korban tewas, keduanya lantas melapor ke Polres Keerom. Petugas gabungan pun bergerak ke rumah NS. Hanya saja, kata Amir, NS tidak ditemukan di rumahnya.

Namun, lanjutnya, petugas menemukan miras jenis ballo yang merupakan bahan baku stiem dalam panci yang tersimpan di semak-semak belakang rumah. Miras sebanyak 35 liter lebih itu kemudian disita untuk penanganan lebih lanjut.

“Adapun barang bukti yang diamankan jeriken ukuran 30 dan satu liter, serta satu galon berisi miras ballo,” kata Amir.

Atas kasus ini, Amir mengimbau kepada warga Keerom untuk tidak mengonsumsi miras secara berlebihan. Apalagi, miras tersebut telah dioplos dengan bahan baku lain. Dirinya turut mengingatkan ancaman pidana terhadap pihak-pihak yang mengoplos serta menjual miras oplosan untuk konsumsi masyarakat.

“Masyarakat tidak melakukan tindakan mengoplos atau membuat minuman berbahaya bagi kesehatan maupun orang lain. Hal ini ada ancaman hukumannya dan bisa dipidana,” kata dia. (red)