BNN Aceh Lakukan Tes Urine Dadakan Pada Sopir Bus AKAP

BANDA ACEH, BeritaTKP.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh, melakukan tes urine terhadap para sopir bus angkutan kota antar provinsi (AKAP).

Hal ini dilakukan untuk memastikan sopir tidak menggunakan narkoba saat mengemudi. Tes narkoba dipusatkan di Terminal Bus Batoh, Banda Aceh, Selasa (27/12/2022). Tes narkoba dilakukan dengan memeriksa urine secara mendadak diikuti 28 sopir bus antarprovinsi.

BNN Aceh gelar tes urine untuk sopir bus Antakota Antarprovinsi (AKAP)

“Tes urine ini dilakukan untuk memastikan apakah sopir bus angkutan umum tersebut mengonsumsi narkoba atau tidak,” kata Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Sukandar, Rabu (28/12/2022). Dia melanjutkan, tes urine dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang oleh pengemudi.

“Tes urine ini untuk memastikan keselamatan penumpang. Kami mengingatkan agar sopir tidak mengonsumsi narkoba saat membawa penumpang,” kata dia.

Sukandar mengatakan tes urine bagi pengemudi angkutan umum tersebut akan dilakukan secara rutin. Tidak hanya di terminal bus antarprovinsi, tetapi juga di terminal lainnya seperti antarkota dalam provinsi.

“Dari 28 sopir yang ikut tes urine, semuanya negatif atau tidak mengonsumsi narkotika dan obat terlarang lainnya,” kata Sukandar.

Sementara itu, Kepala Terminal Batoh Banda Aceh Heriyanto mengapresiasi BNN Provinsi Aceh yang melakukan tes urine.

“Tes urine ini untuk memastikan keselamatan angkutan umum, sehingga tidak ada sopir yang menggunakan narkoba saat mengemudi,” kata Heriyanto. (RED)