Diduga Karena Cuaca Ekstrem, Dugong 3 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Pesisir Bawean Gresik

Dugong yang ditemukan warga dan nelayan Pulau Bawean dalam keadaan mati.

Gresik, BeritaTKP.com – Seekor mamalia laut dengan nama ilmiah Dugong dugon dikabarkan terdampar di pesisir pantai Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Hewan dengan panjang 3 meter tersebut ditemukan nelayan di wilayah pantai Dusun Rabe, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura.

Fadal, selaku Kepada Desa Lebak mengatakan hewan dugong ini ditemukan oleh nelayan yang menjaring ikan di sekitar pesisir pantai. “Iya ditemukan nelayan yang akan menjaring ikan di sekitar pesisir pantai kemarin, Selasa (27/12/2022) sekira pukul 06.00 WIB, sudah dalam keadaan mati,” katanya, Rabu (28/12/2022) kemarin.

Menurut keterangan beberapa warga setempat, mereka kerap kali menemui dugong dalam cuaca buruk belakangan ini. Namun baru satu dugong yang terdampar, ditambah lagi kondisinya mati dengan luka di bagian kepala dan badan. Dugong yang terdampar ini diduga mati karena menabrak karang di laut.

Supaya tidak menimbulkan bau busuk,  nelayan beserta warga sekitar kemudian mengubur bangkai gudong tersebut “Warga langsung mengubur di dekat lokasi penemuan. Karena warga tidak kuat, dugong kurang lebih beratnya 200 kilogram,” tambahnya. (Din/RED)