Polisi Kembali Bekuk 1 Pelaku Terkait Kasus Pencurian Baterai Tower Jaringan Lintas Provinsi di Kolut

KOLAKA UTARA, BeritaTKP.com – Satu pelaku terkait kasus pencurian baterai tower seluler lintas provinsi di Desa Delang-Delang, Kecamatan Kodeoha, Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil diamankan pihak kepolisian.

Pelaku yakni berinisial A, yang merupakan pelaku utama dalam pencurian tersebut.

Polisi kembali menangkap satu pencuri baterai tower jaringan seluler lintas provinsi.

Humas Polres Kolut, Aipda Arif Afandi mengatakan, pelaku ditangkap di sebuah rumah kebun milik warga Desa Delang-delang, Selasa (27/12/2022) sekitar pukul 19.15 Wita.

Saat ini, polisi masih memburu satu pelaku lagi yang masih buron dan identitasnya sudah diketahui.

“Total pelaku dan seorang penadah yang telah dibekuk berjumlah empat orang. Satu lainnya masih diburu,” katanya, Rabu (28/12/2022).

Dari keterangan petugas tower yakni Ancong, warga Kelurahan Batu Putih, menara pertama yang alarmnya berbunyi dari selularnya pada pukul 19.00 Wita (10/10/2022) terletak di Desa Pakue.  Mendengar itu, ia lantas bergegas ke lokasi ditemani rekannya bernama Suparman melakukan pengecekan.

Setiba di lokasi, lemari penyimpanan baterai telah terbuka. Delapan unit baterai merek Batt Nort Start Watt 170 milik PT Indosat dan empat buah baterai Batt Lithium ZTE Watt 100 PT Telkomsel telah lenyap.

“Setelah mengetahui hilang, mereka bergegas melapor ke Polsek Pakue,” katanya.

Dari kejadian itu, PT Indosat alami kerugian sebesar  Rp72.000.000 dan PT Telkomsel Rp56.000.000 dengan total seluruhnya Rp128.000.000.

Saat ini, polisi masih terus melakukan pengembangan untuk memburu seorang pelaku yang masih buron. Kepada polisi, A mengaku bahwa dirinya juga telah membobol baterai tower PT Telkomsel dan PT Indosat di Kecamatan Tolala. Namun, saat melakukan aksinya, mobil yang digunakan mengangkut barang curian tersebut terjebak di jalan berlumpur.

“Mereka keluarkan dan tinggalkan di jalan karena takut ketahuan warga,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi telah menangkap tiga pelaku dan penadah lainnya masing-masing inisial S, RS dan MF. Baterai yang berhasil disita aparat sebanyak 33 buah plus sebuah chainsaw. (red)