Lakukan Operasi Selama Sebulan, Polres Bantul Musnahkan Ribuan Miras

BANTUL, BeritaTKP.com – Polres Bantul memusnahkan 1.664 botol minuman keras hasil operasi cipta kondisi kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Miras sebanyak itu merupakan hasil operasi selama sebulan terakhir ini.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan minuman keras yang dihancurkan dengan cara digilas menggunakan alat berat ini rinciannya sebanyak 1.056 botol minuman keras berbagai merk dan 608 botol minuman keras oplosan.

Polres Bantul memusnahkan 1.664 botol minuman keras hasil operasi selama Desember 2022.

“Polres Bantul berkomitmen untuk terus memberantas peredaran minuman keras tidak berizin, karena biasanya setiap kejahatan diawali dengan mengkonsumsi minuman keras,” kata Kapolres, Rabu (28/12/2022).

Selain minuman keras, Polres Bantul juga menggelar barang bukti lainnya, antara lain 10 bilah senjata tajam berbagai jenis yang polisi sita dari para pelaku premanisme dan kejahatan jalanan selama sebulan terakhir.

“Polres Bantul juga menyita ratusan knalpot tidak standar atau blombongan untuk menertibkan kendaraan yang melanggar spesifikasi kendaraan dan menimbulkan suara bising sehingga meresahkan masyarakat,” ujarnya.

“Total ada sekitar 350 knalpot blombongan yang diamankan petugas saat menggelar razia selektif,” ucapnya.

Selama sebulan terakhir, Polres Bantul juga telah mengungkap beberapa kasus penyalahgunaan narkoba dengan menyita barang bukti berbagai jenis di antaranya psikotropika 177 butir dan obat daftar G 177 butir, dan tersangka yang diamankan lima orang.

Polres Bantul juga mengamankan bahan untuk petasan, antara lain 37 bungkus serbuk petasan dengan berat masing-masing satu ons (total 3,7 kg). Kemudian alumunium powder 1,5 kg, pupuk atau booster kelengkeng 0,5 kg, satu buah ember plastik dan satu unit timbangan.

“Tersangka kami jerat dengan Pasal 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” ujarnya. (red)