Nyamar Jadi Keluarga Mempelai, Pencuri di Bandung Gasak 20 Gram Mas Kawin

ILUSTRASI

BANDUNG, BeritaTKP.com – Aksi pencurian kian hari semakin merajalela dengan berbagai motif dan juga modus yang dijalankan untuk memperlancar aksi pencurian tersebut.

Seperti yang terjadi di Jalan Rancacili, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, pada Senin (26/12/2022) lalu pelaku pencurian menyamar sebagai keluarga dari pihak mempelai perempuan dan berhasil menggasak 20 gram mas kawin milik mempelai,

Irfan, korban, mengatakan, peristiwa itu terjadi saat keluarga baru tiba di gedung resepsi. Sebelum akad nikah dan resepsi dimulai, Irfan dan keluarga melakukan persiapan.

Pelaku yang menyamar sebagai keluarga mempelai perempuan lalu meminta mas kawin pernikahan dititipkan agar tidak mengganggu persiapan.

Saat itu korban dan keluarga menduga pelaku adalah keluarga mempelai perempuan sehingga menuruti permintaan pelaku.

“Katanya ‘barangnya di sini aja taruh, kan mau dirias’. (Mas kawin) sama ibu saya dikasih,” kata Irfan kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Setelah semua persiapan selesai, Irfan mencari mas kawin yang telah disiapkan. Ternyata, emas kawin itu raib dibawa kabur pelaku. Perincian mas kawin yang digasak pelaku antara lain, kalung, anting, gelang, dan cincin.

“Total 20 gram emas. Nilainya sekitar Rp9 juta,” ujar Irfan.

Sampai saat ini, tutur Irfan, identitas pelaku belum diketahui. Wajah terduga pelaku sempat terekam kamera CCTV di sekitar gedung. Dalam rekaman, pelaku mengenakan jaket warna hijau tua dan bermasker.

“Badannya berisi dan tinggi, pakai masker, jaket hijau tua,” tuturnya.

Ditanya tentang prosesi pernikahan, Irfan mengatakan, berjalan lancar walau mas kawin raib dicuri. Saat akad nikah, mas kawin diserahkan secara simbolis. ini. Irfan pun berencana melaporkan pencurian itu ke polisi hari ini. Sementara itu, Kapolsek Rancasari Kompol Oesman Imam mengatakan, bakal mengecek kasus itu.

“Saya cek dulu,” kata Kapolsek Rancasari. (red)