Rumah Warga Tarokan Kediri Jebol Ditimpa Batu Besar yang Terbawa Arus Longsor

Kediri, BeritaTKP.com – Salah satu rumah warga yang ada di kawasan Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, tertimpahan sebongkah batu besar imbas longsor yang terjadi pada Kamis (29/12/2022) kemarin. Tanah longsor yang terjadi di wilayah tersebut disebabkan oleh hujan deras yang terus mengguyur hingga Rabu (28/12/2022) malam lalu.

Bongkahan batu dengan diameter sekitar dua meter itu jatuh dari tebing dan menimpa rumah milik Sumiati, warga setempat. Tidak hanya membuat atap rumah jebol, batu itu juga mengakibatkan dinding dan pintu rumah ambrol. “Atap rumah jebol, paling parah atap di bagian dapur. Dinding dan pintu juga ambrol,” kata Sumiati, Kamis (29/12/2022) kemarin.

Jatuhnya bongkahan batu besar tersebut dimulai saat kawasan Desa Tarokan yang berada di lereng Gunung Wilis itu diguyur hujan sejak sore hingga malam hari sehingga mengakibatkan tanah penahan batu terkikis. Apesnya, batu besar itu ikut terbawa jatuh tepat menimpa rumah Sumiati.

“Malam itu tiba-tiba terdengar suara gemuruh, asalnya dari tebing belakang rumah. Kemudian terdengar suara sangat keras dari arah dapur, ternyata tertimpa batu itu,” cerita Sumiati.

Melihat tetangganya tertimpa musibah, warga sekitar pun berusaha membantu. Karena ukuran batu yang cukup besar dan berat untuk dipindahkan, akhirnya pemilik rumah dibantu warga memecah batu tersebut menggunakan alat seadanya, seperti godam dan pasak. (Din/RED)