Lapas Klas IIA Jember Gelar Acara Istigosah dan sholawat Bersama Menyambut Tahun Baru 2023

JEMBER, BeritaTKP.com – Ratusan warga binaan memadati area Masjid Al Ikhlas, Lapas Kelas IIA Jember pada Kamis (29/12/2022) siang dalam sebuah acara keagamaan yang diadakan untuk memperingati Haul Gus Dur ke 13 dan menyambut Tahun Baru 2023. Gus Saif, Pengasuh Pondok Pesanteran Ash.Siddiq Putri (Ashri) Talangsari Jember ikut andil dalam memimpin kegiatan istighosah, tahlil, dan sholawat tersebut.

Gus Saif memberikan berbagai materi mengenai Tauhid, dan memimpin pembacaan istigosah serta tahlil dalam agenda keagamaan tersebut. Terdengar pula suara serentak 400 warga binaan yang mengikuti setiap doa yang diucapkan oleh Gus Saif.

Sementara itu, Kalapas Jember Hasan Basri mengatakan bahwa Lapas membuka tangan bagi Gus Saif untuk datang ke Lapas Jember, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. “Kita dengan tangan terbuka menerima Gus Saif untuk memberikan petuah dalam memperingati Haul Gus Dur, dalam bentuk istighosah, tahlil dan sholawatan. Mudah mudahan acara ini berlangsung dengan baik, tertib, dan berjalan lancar sampai akhir nanti” ucap Hasan.

Hasan juga berharap kegiatan keagamaan tersebut bisa membawa pengaruh baik bagi paa warga binaannya. “Mudah acara semacam ini bisa membangkitkan gairah anak – anak di dalam warga kami supaya lebih bisa fokus dalam spiritual mereka, sehingga di dalam sini mereka akan berbuat lebih baik lagi. Kedepan setelah bebas nanti mereka tidak mengurangi perbuatannya,” lanjut Hasan.

Kegiatan tersebut tentu disambut baik oleh para warga binaan, Taufik salah satunya. Ia mengaku senang Lapas Jember meningkatkan intensitas pembinaan keagamaan dengan melibatkan pihak luar. “Beberapa waktu lalu juga ada pengajian yang mengundang ustad dari luar. Terima kasih untuk Lapas Jember karena sudah menghadirkan kajian – kajian keagamaan untuk kami,” kata warga binaan tersebut. (limbat)