Pelatih Gulat di Bantul Jadi Tersangka Pelecehan Seksual

ILUSTRASI

BANTUL, BeritaTKP.com – Penyidik Polres Bantul akhirnya menetapkan pelatih gulat di Kabupaten Bantul, berinisial AS sebagai tersangka kasus dugaan pelecehan seksual terhadap atletnya.

Polisi masih menyelesaikan berkas acara pemeriksaan agar bisa dilimpahkan ke jaksa penuntut.

“Sudah kami tetapkan tersangka sekitar tiga minggu yang lalu,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan, Kamis (29/12/2022).

Penetapan status tersangka ini berdasarkan hasil gelar perkara, yang menunjukkan ada dugaan pelecehan seksual. Polisi juga telah meminta keterangan dari korban, teman-temannya dan saksi ahli.

Penyidik akan kembali melakukan pemanggilan terhadap terduga pelaku untuk pemeriksaan sebagai tersangka. Sejauh ini AS sudah diperiksa dua kali sebagai saksi.

“Memang kalau kasus pelecehan seksual itu prosesnya cukup lama. Apalagi ini tidak ada saksi yang melihat langsung, jadi kita harus melakukan asesmen panjang,” katanya.

Sebelumnya, AS dilaporkan karena diduga melakuka pelecehan seksual kepada A (18) salah satu atletnya.  Korban mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan itu pada 27 Juli 2022 silam.

Peristiwa tersebut bermula ketika korban dihubungi terduga pelaku untuk datang ke tempat latihan. Setelah tiba di tempat latihan, korban sempat melaksanakan gerakan pemanasan, lalu tiba-tiba terlapor datang mendekati korban dan melakukan aksi tidak terpujinya.

Tersangka akan dijerat Pasal 6 huruf B atau C UU Nomor 12 tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UUPKS) dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. (red)