Hasil Pencarian 4 Jenazah Hanyut Hanya Mendapat Tiga Kain Kafan, BPBD Jember: Penyisiran Dihentikan

Jember, BeritaTKP.com – Pencarian 4 jenazah hanyut yang terbawa arus Sungai Jompo oleh tim gabungan, antara lain; TRC BPBD Jember, Basarnas, dan relawan Baret Rescue, juga relawan lainnya, akhirnya dihentikan. Hasil yang didapatkan dalam pencarian yang dilakukan mereka sejak kemarin, yaitu penemuan tiga kain kafan yang diduga milik jenazah. “Awalnya kita temukan 2, untuk kain kafan ketiga kita temukan dekat jembatan MAN 1 Jember,” kata Kepala BPBD Jember Sigit Akbari, Jumat (30/12/2022).

Mempertimbangkan hasil pencarian yang hanya mendapati kain kafan, dapat disimpulkan bahwa kondisi jenazah saat ini kemugkinan sudah tidak utuh lagi. Bahkan kemugkinan besar, kondisi jenazah hanya menyisakan tulang belulang saja.

“Sehingga bisa disimpulkan hari ini kita tidak akan melakukan pencarian lagi. Apalagi kondisi jenazah hanya menyisakan kain kafan. Jadi pertimbangannya tulangnya ada di dasar sungai. Ini sulit. Mungkin tidak terlalu jauh, tapi dimungkinkan bercampur dengan air yang keruh sehingga menyulitkan pencarian,” jelasnya.

“Kita (awalnya) berharap tulangnya masih terbungkus kain kafan. Tapi kalau sudah terlepas dari kain kafannya, ya namanya tulang, itu kan tenggelam,” sambungnya.

Dengan kesulitan yang dialami, lanjutnya, pihak keluarga juga sudah diberi penjelasan dan pemahaman. Dengan kejadian ini, nantinya pihak keluarga akan mengadakan tahlil. “Sedangkan untuk kain kafan bekas yang kami temukan, kami kembalikan kepada pihak keluarga. Apakah nantinya akan dikuburkan di makam baru dari jenazah yang hanyut itu,” ujarnya. (Din/RED)