Jelang Tahun Baru, Polresta Solo Musnahkan Knalpot Brong-Miras

SOLO, BeritaTKP.com – Polresta Solo menghancurkan ribuan knalpot brong dan botol miras. Pemusnahan ini dilakukan di Mapolresta setempat pada Jumat (30/12/2022).

Total 1.235 knalpot brong ada 1.194,5 liter miras jenis ciu dan jenis lainnya dalam 366 botol yang dihancurkan. Keseluruhan jumlah tersebut adalah hasil penindakan selama tahun 2022.

Ribuan knalpot brong hasil penertiban selama 2022 dihancurkan di halaman Mapolresta Solo, Jumat (30/12/2022).

“Kami tidak akan berhenti untuk terus melakukan upaya pencegahan peredaran miras, narkoba dan knalpot brong,” ujar Kapolresta Solo Kombe Pol Iwan Saktiadi.

Khusus untuk knalpot brong, Kapolresta menyebut bahwa penggunaannya di jalan memicu hal-hal yang tidak diinginkan karena kesalahpahaman mendengar suara keras dari knalpot tersebut.

“Yang terpenting knalpot ini bukanlah standar SNI. Di mana suaranya memekakkan telinga dan menganggu ketertiban masyarakat,” katanya.

Kombes Iwan berpesan agar masyarakat kembali menggunakan perangkat kendaraan bermotor seusai dengan standar pabrik.

“Apa yang keluar dari pabrik ya itu yang harusnya digunakan. Standar keselamatan yang harus digunakan oleh para pengendara,” ujarnya.

Kapolresta berharap jumlah knalpot brong yang terjaring menurun pada tahun 2023 karena masyarakat sadar bahwa penggunaan knalpot telah menjadi perhatian seluruh pihak.

“Masyarakat telah banyak merespons terhadap upaya kami menertibkan knalpot brong. Masyarakat berharap agar penggunaan knalpot brong di jalan bisa dibersihkan dan dieleminasi,” ujarnya. (red)