744 Anggota PPS Dilantik KPU Jember untuk Pemilu 2024

Jember, BeritaTKP.com – Pihak KPU Kabupaten Jember, melangsungkan acara pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 di Balroom Edelwis Cempaka, pada Selasa (24/1/2023) hari ini.

Jumlah anggota PPS yang dilantik sebanyak 744 orang dari 248 desa/kelurahan di 31 Kecamatan. Dalam pelantikan tersebut, dihadiri Forkopimda, Camat se-Jember, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Jember.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in menyatakan, pihaknya merasa lega karena proses rekrutmen anggota PPS berjalan lancar sesuai rencana. Dia berharap setelah resmi dilantik bisa mengemban aman dengan sebaik mungkin.

“Saya bersyukur karena salah satu tahapan penting dalam Pemilu 2024 sudah dilaksanakan. Kami berharap agar para anggota PPK dan PPS bisa mengemban tugas sebaik mungkin serta menjunjung profesionalitas dan netralitas,” ujar Ketua KPU Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Muhammad Sya’in menyampaikan tugas PPS dalam waktu dekat adalah pemutahiran daftar Pemilih untuk pemilu 2024. “Setelah pelantikan ini ada tugas yang menunggu kawan-kawan yaitu Pemutahiran Data Pemilih, maka harus disiapkan dengan sungguh-sungguh untuk daftar pemilih yang lebih valid pada pemilu 2024,” kata Syai’in panggilan akrabnya.

Syai’in menandaskan, agar PPS selalu siap melaksanakan tahapan pemilu 2024 “menjadi anggota pps itu harus tau akan semua tahapan-tahapan pemilu, makanya harus baca PKPU tentang tahapan Pemilu 2024 di PKPU No 3 Tahun 2022,” harapnya.

Sementara Andi Wasis sebagai Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas menyebutkan bahwa Panitia Pemungutan Suara yang dilantik juga dilakukan pengucapan sumpah dan janji untuk melaksanakan tugas dengan baik.

“Selain dilantik PPS juga harus mengucapkan Sumpah/Janji karena itu di atur dalam UU No. 17 Tahun 20217 dengan berjumlah 744 orang dari 248 desa/Kelurahan di 31 Kecamatan PPS yang dilantik dalam pelantikan ini,”sebutnya dalam pengarahannya. (Din/RED)