Akibat Diterjang Banjir, 5 Ruko di Pidie Hanyut Terbawa Arus Sungai

PIDIE, BeritaTKP.com – Bangunan rumah toko (ruko) di Pidie, Aceh, ambles dan kemudian ambruk. Ada lima ruko yang hanyut terbawa arus sungai

Lima ruko itu berada di daerah Gampong Aron Asan Kumbang, Kecamatan Kembang Tanjong dan di Gampong Pukat di Kecamatan Pidie, Pidie.

Lima bangunan ruko di Pidie, Aceh, amblas dan ambruk usai diterjang banjir.

“Lima ruko di bantaran sungai Gampong Aron rusak dan amblas terbawa arus banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Tiro,” kata salah satu warga bernama Syifa Syauki, Selasa (24/1/2023).

Amblesnya ruko terjadi lantaran bangunan itu sudah mulai miring sejak Minggu (22/1/2023). Miringnya bangunan diduga karena debit air tinggi sehingga meluap dan menerjang tebing yang terhubung bangunan tersebut.

“Pemilik ruko tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga yang ada di dalamnya karena saat kejadian itu pemilik sedang tidak di lokasi,” katanya.

Sementara bangunan toko kosong empat pintu di Gampong Pukat Kecamatan Pidie juga ambruk akibat tanah di bantaran sungai sudah kosong karena terkikis banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Banjir (BPBD) Pidie saat dikonfirmasi membenarkan adanya bangunan yang ambruk tersebut namun kejadian tersebut tidak terdata oleh BPBD.

Kalak BPBD Pidie, Muhammad Rabiul mengatakan bangunan tersebut merupakan bangunan liar yang didirikan di bantaran sungai tanpa izin sehingga di saat ambruk terbawa arus sungai bangunan tersebut termasuk bangunan hilang.

“Kami tidak bisa mendata dan memberi bantuan ataupun membantu evakuasi, yang mana kejadian terjadi akibat ulah masyarakat sendiri yang tidak mematuhi peraturan dan memaksakan mendirikan bangunan di bantaran sungai,” kata Rabiul. (red)