Warga Jombang Temukan Ratusan Amunisi di Kebun

0
83

Jombang, BeritaTKP.Com – Warga di kebun Desa Genukwatu, Ngoro, Jombang dikejutkan dengan penemuan ratusan butir amunisi, Ratusan butir amunisi itu ditemukan di kebun belakang rumah Wahyudi (31). Saat itu, dia dan istrinya sedang menyapu kebun, di duga ratusan peluru yang masih aktif itu diperkirakan sisa sisa peninggalan perang kemerdekaan.

Ratusan amunisi itu masih tersimpan dalam sebuah cawan berbahan tanah liat. Menurut Wahyudi, peluru tajam itu terpendam di kedalaman sekitar 20 cm. Diduga beberapa peluru berserakan di permukaan tanah lantaran terurai ayam yang mencari makanan.

“Waktu saya menyapu kebun, awalnya saya menemukan sebutir peluru tergeletak. Karena penasaran, saya gali lagi di sekitarnya, tenyata banyak, Saya takut peluru ini meletus, makanya langsung saya laporkan ke polisi,” ujar Wahyudi.

Mendapat laporan warga, polisi pun datang ke lokasi untuk melakukan pengamanan. Kapolsek Ngoro AKP Ahmad Chairudin mengatakan, jumlah amunisi diperkirakan mencapai 500 butir. Pada bagian bawah peluru, terukir angka VII, huruf MF dan angka 1941.

Dan supaya tidak membahayakan warga, ratusan amunisi itu diamankan ke Polres Jombang Pasalnya, kabar penemuan amunisi itu membuat warga sekitar berdatangan untuk melihat.

“Kondisinya kelihatannya masih aktif. Ada tahun pembuatan 1941 sebelum kemerdekaan, “Kami buat berita acara serah terima dari warga, ini akan kami serahkan ke Sat Intelkam Polres Jombang,” pungkas Kapolsek Ngoro AKP Ahmad Chairudin. @sujoko