Pengecoran Hingga Pemasangan Box Culvert Penyebab Ditutupnya Jalan Kalianak

Surabaya, BeritaTKP.Com – Jalan kalianak merupakan jalan nasional yang menghubungkan antara Surabaya dan Gresik, jalan yang terletak di area pergudangan tersebut memang sering mengalami kerusakan parah meski seringkali di perbaiki, hal ini tak lepas dari kendaraan besar yang bermuatan berat yang sering lalu lalang di jalan tersebut.

Dan kini pemerintah melakukan perbaikan jalan hingga pemasangan Box Culvert guna untuk menanggulangi banjir yang sering terjadi di jalan tersebut, hingga akses jalan nasional tersebut di tutup bagi kendaraan besar bermuatan berat sementara per 1 agustus, hanya saja kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4 terutama angkutan umum yang diperbolehkan melintasi jalan tersebut.

Menurut pantauan wartawan BeritaTKP, sejak akhir juli sudah dilakukan pengaspalan diwilayah jalan kalianak timur hingga area gadukan, pengaspalan tersebut dilakukan dua kali pasca rusak parahnya jalan kalianak.

Dan pada kamis 3/8/2017 sekita pukul 10.00 WIB terjadi kemacetan parah terjadi di sekitar pengerjaan proyek perbaikan jalan kalianak tersebut meskipun sudah dilakuakan penutupan bagi kendaraan besar, kemacetan tersebut terjadi di sepanjang jalan kalianak barat menuju Greges, kemacetan tersebut di dominasi kendaraan roda 2 dan angkutan umum serta beberapa kendaraan pribadi.

Menurut keterangan AKP Eko Nurwahyudiono selaku kanit lantas polsek kerembangan hal ini terjadi tanpa di duga duga lantaran semenjak awal dilakukan pengerjaan tidak ada hambatan ataupun kemacetan seperti saat ini, namun tanpa direncanakan saat pemasangan Box Culvert ternyata galian tersebut terdapat pipa PDAM yang mengurangi kedalaman Box Culvert Itu sendiri sehingga pipa tersebut harus di dalamkan.

“Terdapat galian PDAM yang tidak direncanakan, sehingga hal ini membuat kemacetan jalan,” ujar AKP Eko Nurwahyudiiono.

Hal tersebut juga yang mebuat kemacetan tersebut terjadi, lantaran berpapasan kanan kiri jalan terdapat pengerjaan proyek tersebut, di sisi kanan jalan apabila menuju jalan greges terdapat pengerjaan proyek perbaikan jalan yakni pengecoran jalan, sedangkan  sisi kiri terdapat pemasangan Box Culvert serta penggalian pipa PDAM, sehingga akses jalan menjadi sempit dan terjadilah kemacetan tersebut.

Kanit Lantas Polsek Polsek Kerembangan tersebut juga mengujarkan bahwa pihaknya akan berencana untuk memperioritaskan kendaraan umum atau angkutan umum dan kendaraan roda dua saja yang di perbolehkan melintasi jalan kalianak sedangkat kendaraan roda empat pribadi bisa dialihkan ke jalan tol.

“kita berencana untuk memperioritaskan hanya angkutan umum dan kendaraan roda dua yang melintas, karena tidak di pungkiri jalan kalianak ini rata rata yang melintas adalah kedaraan umum dan roda dua sedangkan untuk kendaraan roda empat pribadi bisa dialihkan ke jalan tol supaya mengurangi kemacetan seperti ini,” pungkas AKP Eko. @sunardi

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda