Bea Cukai Malang Musnahkan Barang Bukti Senilai Lebih Rp 1 Miliar

0
128

Malang, BeritaTKP.Com – Barang bukti hasil selama semester I penindakan senilai lebih Rp 1 miliar Dimusnahkan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Malang, pada Rabu 2/8/2017.

Dalam kurun waktu 6 bulan yakni Selama Januari hingga Juni 2017, KPPBC Tipe Madya Cukai Malang telah menindak 192 kasus. Di antaranya peredaran rokok dan pita cukai ilegal, minuman mengandung etil alkohol (MMEA), hingga sextoys dan obat-obatan.

Berikut di antaranya barang bukti yang dimusnahkan yakni Peralatan alat pelinting 14 unit, pemanas 5 unit, pengemas 1 unit, pengepak satu kardus, filter 2 karton, etiket dan lidah kemasan 52 karton, 221 bak, dan 25 lembar, ambro 3 kardus, dan grenjeng 8 karung, plastik 11 karton, minuman mengandung etil alkohol (MMEA) 487 botol senilai Rp 13 juta, etil alkohol 2 galon, obat obatan dan suplemen kesehatan 301 botol dan 97 bungkus, sextoys 53 set, video dan buku porno, busur, teropong, senapan, dan pakaian.

Rudy Hery Kurniawan selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Malang mengujarkan bahwa dalam hal ini nilai kerugian negara dari penindakan selama semester I, mencapai lebih Rp 1 miliar tak hanya itu Pengusaha juga banyak dirugikan dengan beredarnya rokok dan pita cukai ilegal.

Selain itu peredaran rokok ilegal sudah menyebar hingga pelosok pedesaan. Untuk memberantas itu, pihaknya ingin membangun kerjasama dengan pemerintah daerah serta penegak hukum setempat. @tatak/ariwan