Kabupaten Pasuruan Raih Dua Penghargaan Lingkungan Tingkat Nasional

Pasuruan, BeritaTKP.Com – Dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar hari ini, Rabu 2/8/2017 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, banyak kota maupun kabupaten yang menerima penghargaan.

Dan dalam hal ini Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf berhasil menerima penghargaan Piala Adipura diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar hal ini tak lepas dari Konsistensi Kabupaten Pasuruan membangun daerah berbasis lingkungan berbuah dua penghargaan tingkat nasional. Dan akhirnya Kabupaten Pasuruan berhasil mempertahankan Adipura kategori kota kecil bersih, Bangil. Sementara Adiwiyata Mandiri diraih SMAN I Pandaan, yang meneruskan prestasi 8 sekolah yang sebelumnya meraih prestasi serupa.

Dalam siaran persnya Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf  mengapresiasi guru dan siswa SMAN I Pandaan yang mampu melanjutkan prestasi sekolah-sekolah peraih Adiwiyata Mandiri. Sebelum SMAN I Pandaan, 8 sekolah lain sudah menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri. Di antaranya SMPN 2 Pandaan, SMPN 1 Gondangwetan, SMPN 2 Gondangwetan, SMPN 1 Pandaan, SDN I Nongkojajar, SMAN I Grati, SMAN I Gondangwetan, dan SMPN 2 Winongan.

Kepala SMAN I Pandaan, Ahmad Zainal Pribadi mengaku sangat bangga karena perjuangan keras untuk meraih predikat Adiwiyata Mandiri membuahkan hasil. “Menciptakan perilaku peduli lingkungan itu yang paling berat. Kami bangga upaya sosialisasi terus menerus berbuah penghargaan,” kata Zainal.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Muchaimin, mengatakan Kabupaten Pasuruan mampu mempertahankan Piala Adipura untuk Kota Bangil karena dinilai berhasil dalam pengelolaan sampah. Selain itu, warga Bangil semakin sadar lingkungan dan mampu menjaga kebersihan kota. “Dukungan dan peran aktif dari kepala daerah juga menjadi bagian penilaian Adipura,” ujarnya. @tatak

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda