Razia Narkoba Lapas, Dua Napi Positif

Probolinggo, BeritaTKP.Com – Dalam rangka mengantisipasi pemakaian dan transaksi narkoba yang dilakukan warga binaan (narapidana), Petugas gabungan merazia Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Kota Probolinggo.

“Wilayah Probolinggo sudah darurat narkoba namun sejauh ini belum ada tanda-tanda transaksi narkoba dari dalam lapas. Tujuan razia ini adalah untuk mencegah dan mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba di antara para warga binaan,” ujar Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal.

Razia ini dilakukan oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lumajang dan Polres Probolinggo Kota. Sebelum memulai razia, petugas meminta izin terlebih dahulu kepada pihak lapas hingga akhirnya sekitar 15 menit kemudian, petugas dizinkan masuk.

Saat melakukan penggeledahan, para napi sempat berteriak-teriak kepada petugas. Diduga para napi ini masih kesal dan dendam karena petugas lah yang membuat mereka mendekam di tahanan. Tetapi teriakan itu mereda saat Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal dan Kalapas Imam Purwanto datang. Selanjutnya, petugas melakukan tes urine kepada penghuni lapas. Hasilnya, hasil urine dua napi pindahan dari Lapas Porong dan Rutan Medaeng positif.

Kemudian Petugas mulai melakukan penggeledahan sel yang ditempati napi. Napi juga turut digeledah. Dalam upaya penggeledahan itu, petugas hanya menemukan minyak angin, korek, dan obat. Namun, barang-barang tersebut masih bisa ditoleransi petugas lapas sehngga tidak dilakukan penyitaan. @ridwan

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda