Wali Kota Surabaya Targetkan PDAM di Surabaya Bisa Minum

Surabaya, BeritaTKP.Com – Dalam Rangka meningkatkan sumber daya air bersih, PDAM Surya Sembada siap meningkatkan layanan air bersih menjadi air siap minum selain itu juga Wali Kota Risma minta agar layanan air siap minum diujicoba dan memenuhi secara medis dan kesehatan.

Risma menjelaskan bahwasanya pihak PDAM ditargetkan oleh pemkot paling lama lima tahun kedepan terdapat wilayah yang airnya dapat di minum hal tersebut dilakukan pada PDAM dikarenakan Risma menilai warga sudah terlalu berat jika masih harus dibebani membeli air minum kemasan.

“PDAM kita targetkan paling lama tahun depan ada wilayah airnya siap minum, Tak kira bisa lah buat itu, karena warga sudah tinggi sekali beli air minum kemasan. Harus ditingkatkan lagi kualitas, derajat kehidupan terutama lingkungan yang berimplikasi pada kesehatan,” ungkap Risma.

Untuk menunjang layanan air siap minum, Risma mengungkapkan saat ini proses penggantian dan perbaikan pipa rusak, bocor dan peninggalan Belanda terus dilakukan.

“Beberapa wilayah itu kan ada yang biarpet. Nanti dengan perbaikan masyarakat penggunaannya lebih besar. Karena nyalanya lebih bagus dan kalau sumbernya sudah siap, cuma pipanya banyak yang bocor. Penggantian pipa peninggalan belanda itu juga perlu uang. Ada penyesuaian tarif dari rumah ke usaha,” ujar Risma.

Dalam hal ini muncul beberapa pertanyaan salah satunya adalah adanya kenaikan tarif apabila air PDAM tersebut dapat diminum dan Risma menjamin tidak akan ada kenaikan tarif langganan air meski nanti kualitas airnya siap minum.

“Saya sampaikan tidak ada kenaikan tarif. Ada beberapa yang kita jual ke beberapa daerah lain. Ada dulu datanya rumah, tapi berubah jadi hotel. Seperti itu kan dari rumah tangga ke usaha. Saya minta naiknya karena penggunaan air. Misal biasa 10 kubik, diatas 10 kubik baru naik,” pungkas Risma. @suntoko

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda