Polair Polda Jatim Amankan 467 Botol Miras Tanpa Cukai

Surabaya, BeritaTKP.Com – Anggota Polair Polda Jatim berhasil mengamankan ratusan minuman keras tanpa cukai. Miras ini diamankan dari Kapal Pelni KM Dorolonda di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada hari Senin.

Penyelundupan minuman keras yang masuk wilayah Indonesia ini, Segel Cukai atau pajak barang import yang menjadi nilai tambahan barang tidak tertera di botol minuman mulai warna merah dan sebagainya, barang yang berasal dari luar negeri ini rencanannya akan di edarkan melalui sarana kapal di wilayah timur.”ujar Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Bangera SIK.

Dalam kasus ini ditetapkan 2 tersangka berinisial ARG (47) dan PS (36), warga KP Tanah Merah GG Mawar RT 07 RW 09 Kel Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja Jakarta Utara. Penangkapan dilakukan atas  bantuan kerjasama antara pihak kapal dengan Polda Jatim. 467 botol minuman keras dengan berbagai merk berhasil diamankan.

Modus yang dilakukan pelaku dengan menyelundupkan minuman berbagai merk yang dimasukkan ke dalam tas/ koper, kotak kardus dan tas pinggang sebanyak 18 buah Colli 5 buah kardus. Dalam melakukan aksinya menggunakan kapal PELNIKM Dorolan dari pelabuhan Kijang tanjung Pinang – Jakarta – Surabaya – Makassar- Bau Bau (Sultra) – Namlea (P. Buru) – Ambon – Ternate ( Malut) – Bitung (Sulut).

Modus barang dikemas dalam koper dan botolnya dibungkus dengan koran agar tidak benturan, jadi tidak akan terlihat kalau isinya minuman. Di Jakarta juga sudah diamankan 6000 botol oleh polair mabes Polri. @lutfi/nardi