Kemeriahan Konser Amal Worldship Orchestra Japan

0
80

Surabaya, BeritaTKP.Com – Bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia, masyarakat Surabaya mendapat suguhan Konser Amal Worldship Orchestra Japan. Seniman yang tampil dalam pertunjukan ini terdiri dari beberapa volunter yang secara sukarela menggelar acara ini. Antusias penonton sangat tinggi, melihat dari penuhnya seisi Gedung Balai Budaya Surabaya, Selasa 15/8/2017.

Pertunjukan orchestra tersebut dibagi menjadi tiga sesi, yaitu Angklung, Orchestra, dan seni kolaborasi. Selama dua jam penonton menikmati setiap alunan musik yang dibawakan. Untuk penampil pertama, kesenian musik Anklung membawakan lagu Surabaya yang diakhiri dengan tepuk tangan meriah penonton.

Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat atas terselenggarannya acara ini. Menurutnya pertukaran budaya tidak kalah penting dengan pertukaran ekonomi dan teknologi, karena budaya dapat membentuk mental dan sikap yang bagus bagi generasi muda. Wali Kota merasa tersanjung dengan penunjukkan Surabaya sebagai tempat digelarnya Konser Amal Worldship Orchestra Japan, ia berharap kedepan pertukaran budaya seperti ini dapat terus dilanjutkan.

Akihide, penyelia Worldship Orchestra Japan menyampaikan bahwa dengan musik kita dapat bersatu, dengan musik kita dapat menciptakan perdamaian. Karena musik mempererat persahabatan. Akihide mendukung anak muda untuk selalu berkarya dan berprestasi.

Musik orchestra yang dibawakan mengambil tema film dan membawakan original soundtrack (ost) dari film-film, seperti Star Wars, Jaws, Beauty and The Beast, dll. Selain membawakan musik ost film, mereka juga membawakan ost dari film animasi terkenal dari studio ghibli, My Neighbor Totoro yang berjudul “sanpo”.

Setiawan Nanang selaku Lokal Koordinator Worldship Orchestra untuk Indonesia mengatakan bahwa awal mula diselenggarakannya pertunjukan ini adalah untuk misi pendidikan. Dengan memberikan edukasi tentang musik kepada seluruh dunia. Tim dari Worldship Orchestra Japan datang ke Indonesia untuk mengedukasi adik-adik SD dan SMP tentang musik orchestra. Karena dalam seni pertunjukan orchestra terdapat kerjasama, kekompakan, dan disamping itu para siswa disibukkan dengan kegiatan positif. @red