DKRTH Gelar Sosialisasi Pemilahan Sampah bagi Petugas Kebersihan Pemkot

0
151

Surabaya, BeritaTKP.Com-Agar sampah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dapat dipilah dan di daur ulang dengan baik, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau menggelar acara Sosialisasi Pemilahan Sampah di lingkungan pemerintah kota Surabaya. Bertempat di Ruang Rapat Badan Kepegawaian dan Diklat, acara tersebut dihadiri oleh 30 peserta dari petugas kebersihan dari seluruh organisasi perangkat daerah di Kota Surabaya. Rabu (30/8).

Winarsih, selaku pemberi materi serta ketua pusat daur ulang di Kecamatan Jambangan menyampaikan, Kecamatan Jambangan merupakan tempat pengelolaan sampah terpadu terbaik seluruh Indonesia. karena selain mengelola sampah dengan baik, warga juga diberi edukasi tentang pengelolaan sampah yang menguntungkan serta pemberdayaan masyarakat yang baik.

menurut Winarsih, Indonesia harus mencontoh negara tetangga yaitu Singapura yang mengedukasi masyarakatnya dalam pengelolaan sampah dengan baik serta menerapkan larangan tegas kepada warga maupun turis yang membuang sampah sembarangan di wilayahnya, hal itu membuat Singapura menjadi negara yang bersih dan bebas dari sampah.

Winarsih menambahkan, Pemerintah Kota Surabaya saat ini mulai menggerakan masyarakat untuk mengelola sampah serta kebersihan lingkungan dengan memberikan kompetisi-kompetisi , contohnya Merdeka dari Sampah dan Surabaya Green and Clean yang menggerakan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkunganya. Hadiah dari kompetisi tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membeli kebutuhan bersama yang berguna untuk menjaga kebersihan lingkungan.

melalui sosialisasi ini, nantinya para petugas kebersihan dari seluruh organisasi perangkat daerah di Kota Surabaya tersebut akan diberikan pelatihan guna menggolongkan sampah menjadi 3R yaitu Recycle yaitu sampah yang dapat di daur ulang, Re-Use yaitu sampah yang yang tidak dapat di daur ulang namun memiliki nilai ekonomis, serta Reduce yaitu mengurangi penggunaaan barang yang berpotensi menjadi Sampah contohnya kantong plastik. @red