Material Kosong, Pengurus SIM Hanya Diberi Surat Keterangan

Mojokerto, BeritaTKP.Com – Kekosongan material untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) terjadi di Polres Mojokerto, sejak pekan lalu material etrsebut masih kosong dan akibatnya hal ini berdampak pada penurunan jumlah permohonan pembuatan SIM baru tak hanya itu hal tersebut juga berdampak pada jumlah pemohon perpanjangan SIM. Biasanya, di Polres Mojokerto rata-rata per hari sebanyak 160 pemohon tapi sejak material cetak SIM kosong turun menjadi rata-rata per hari hanya sebanyak 110 pemohon.

“Jumlah tersebut merupakan total keseluruhan baik pemohon baru maupun perpanjangan. Meski material cetak SIM kosong tidak mengurangi dalam pelayanan masyarakat untuk pengurusan SIM. Kita tetap melayani jika ada masyarakat yang akan mengurus SIM baik baru maupun perpanjangan,” ujar Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Wikha Ardialestanto.

Kekosongan material cetak SIM di Polres Mojokerto terjadi sejak 18 September 2017 lalu, Hingga kini, petugas masih menunggu stok material cetak SIM dari Korlantas Polri yang sebelumnya sudah di laporkan.

AKP Wikha Ardialestanto menjelaskan bahwa pihaknya belum tahu kapan material akan di dropping dari Korlantas. Karena material untuk seluruh Indonesia pengadaan dari Korlantas. Lantaran material cetak SIM kosong, Satlantas menerbitkan suket sementara pengganti SIM bagi pemohon SIM baru maupun perpanjangan.

“Selain menjadi pengganti sementara, surat itu juga menjadi bukti pengambilan SIM jika kami sudah menerima material. Jika ada razia lalu lintas di jalan raya, pemohon bisa menunjukkan surat keterangan sementara tersebut karena ini juga sah. Karena surat ini merupakan petunjuk dari Mabes,” katanya.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya pihak Korlantas sudah mengantipasi dengan memberikan format suket sementara tersebut ke seluruh polres. Pihaknya bisa mencetak suket sementara tersebut sesuai dengan jumlah pemohon SIM di Polres Mojokerto. Menurutnya, material cetak SIM di Polres Mojokerto terakhir yang mengalami kekosongan.

“Polres Madiun justru sudah kosong beberapa bulan lalu, kita baru minggu kemarin. Pemohon yang telah mendapatkan suket sementara bisa mengubungi call center yang tertera di suket sementara atau polsek masing-masing. Material cetak SIM ini di seluruh polres kosong,” pungkasnya. @ariwan

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda