Puluhan Hektar Sawah di Lamongan Terendam Setelah Tanggul Wedok Jebol

0
136

Lamongan, BeritaTKP.Com  – Puluhan hektar areal persawahan di dua desa di Kecamatan Maduran di genangi air banjir dadakan dari jebolnya tanggul yang berada di Desa/Kecamatan Maduran hal tersebut diakibatkan lantaran Tingginya curah hujan dan derasnya Sungai Bengawan Solo.

Akibat jebolnya tanggul Sungai Bengawan Solo bagian dalam ini, terang Jannata, air luapan Bengawan Solo pun meluber dan menggenangi areal persawahan di 2 desa, yaitu Desa Maduran dan Desa Jangkungkusumo. Di Desa Maduran, terang Jannata, air luapan Bengawan Solo setidaknya menggenangi 24 hektar lahan persawahan sedangkan di Dusun Sawo, Desa Jangkungkusumo, air menggenangi 40 hektar lahan persawahan.

Camat Maduran, Harwah Hutomo kepada membenarkan kalau tanggul yang ada di Desa Maduran jebol. Harwah juga mengungkapkan, jebolnya tanggul dalam atau tanggul wedok ini tidak sampai ke permukiman. Harwah juga mengatakan, sebenarnya ada perbaikan tanggul oleh dinas terkait pada bulan Mei dan Juli.”Namun karena kondisi alam, begitu hujan deras dan volume air Bengawan pasang, kemudian longsor kembali,” terangnya. @heriC