Petugas Juanda Gagalkan Masuknya Ribuan Batang Bibit Krisan dari Malaysia

Surabaya, BeritaTKP.Com  – Sebanyak 16 ribu batang bibit bunga krisan lewat Bandara Juanda, Bibit tersebut dibawa dari Malaysia beruntung penyelundupan bibit tersebut digagalkan oleh petugas.

Penggagalan penyelundupan tersebut terjadi Pada 13 November 2017, 16 ribu batang bibit krisan yang dibawa seorang penumpang pesawat dari Malaysia di Terminal 2 Bandara Juanda.

Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Karantina Surabaya Sumanto menjelaskan bahwa kasus ini berawal dari kecurigaan petugas bea cukai Bandara Juanda terhadap koper/travel bag yang dibawa seorang penumpang dari Malaysia setelah melewati x-ray. Kecurigaan itu kemudian diteruskan ke petugas Karantina Surabaya.

Hingga Setelah dilakukan pemeriksaan, di dalam travel bag itu ditemukanlah belasan ribu bibit bunga krisan. Bibit itu dikemas di dalam plastik. Pemilik bibit ternyata juga tak bisa menunjukkan phytosanitarry certificate atau Surat Ijin Pemasukan (SIP) dari Kementerian Pertanian.

Kini Bibit krisan tersebut ditahan dan diamankan di Karantina Surabaya, Diamankannya bibit ilegal ini sebagai salah satu upaya untuk melindungi kekayaan hayati utamanya di Jawa Timur. Karena bila bibit bunga krisan tersebut berhasil lolos dan ditanam, maka dapat berpotensi membawa dan menyebarkan penyakit Aaphelencoides besseyi (A1 gol 1) yang belum terdapat di Indonesia. @lutfi