Musim Hujan Tanggul Lumpur Lapindo Dinaikkan 11 Meter Tim Saber Pungli Akan Berantas Pungli di Gresik

Gresik, BeritaTKP.Com – Bupati Sambari Halim Radianto mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Gresik, “Pengukuhan hari ini untuk menghadirkan info ke publik bahwa Gresik serius memberantas pungli yang ada. Mau besar, kecil juga tetap akan diberantas,” ujar Sambari.

Satgas yang dikomandoi oleh Wakapolres Gresik Kompol Wahyu Pristha Utama, secara resmi sudah bekerja melakukan identifikasi kegiatan pungli di instansi-instansi pemerintah yang berhubungan dengan pelayanan terhadap masyarakat.

Ketua Satgas Saber Pungli Kompol Wahyu Pristha Utama menyatakan satgas yang telah dikukuhkan ini juga akan melakukan pengawalan, dan pengawasan secara maksimal agar penggunaan alokasi dana desa (ADD) sesuai dengan peruntukannya dan tepat sasaran.”Kami akan menindak jika di lapangan ada laporan ADD disalahgunakan tidak sesuai peruntukkannya,” tandasnya.

Sebelum Satgas Pungli Gresik dikukuhkan Sambari juga menjelaskan bahwa Pihaknya sudah terlebih dulu telah menindak terhadap pelaku pungli. Bahkan, yang bersangkutan telak ditindak dan diberi sanksi sesuai undang-undang yang berlaku. “Orangnya sudah kami beri sanksi sesuai dan ditindak sesuai aturan,” katanya.

Ia juga juga mewanti-wanti kepada seluruh instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) melalui surat yang dilayangkan agar tidak melakukan tindakan atau praktek pungli. “Surat telah kami sebarkan kepada semua jajaran untuk jangan sekali-kali melakukan praktek transaksional yang mengarah ke praktek pungli,” tegasnya, ia menambahkan bahwa tidak ada instansi yang dibidik. Namun, pemberantasan pungli akan dilakukan di semua sektor, tidak ada urusan besar kecilnya pungli. “Saya tidak akan nebak-nebak instansi mana yang rawan pungli. Semua sektor, tidak akan pandang bulu,” ungkapnya. @heriC