Polresta Sidoarjo Ungkap Dan Jaring Pelaku Pengedar Sabu

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – Jaringan narkoba di Kecamatan Krian berhasil di tangkap oleh anggota polresta sidoarjo tak hanya mengamankan pelaku polisi juga berhasil mengamankan barang bukti 82 gram sabu-sabu.

Kasatresnarkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto mengatakan, pengungkapan jaringan Krian ini merupakan gerak cepat untuk mengungkap para pengedar narkoba. Operasi yang gencar dilakukan sejak Januari lalu membuat para pengedar makin berhati-hati dalam bertransaksi. Ini yang membuat polisi kesulitan mengungkap jaringan besar.

“Kami terus melakukan penangkapan meskipun tidak ada operasi khusus. Ini sudah dibaca oleh para pengedar narkoba tak hanya itu Meskipun sudah mengamankan ratusan gram sabu, jaringan tersebut terputus. Padahal, masih ada pemasok lain di atasnya yang belum dicokok dan,” ujar Kasatresnarkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto.

Ia juga mengungkapkan bahwasanya pihaknya kesulitan jika pengirimannya melalui ranjau karena Komunikasi para pengedar tersebut menggunakan SMS dan nomor telepon itu langsung mati ketika salah satu anggotanya tertangkap.

Kompol Sugeng Purwanto juga mengetahui bahwa para pengedar narkoba saat ini memilih transaksi di luar Kota Delta. Barang haram itu diranjau ketika dikirim ke pemesan di Sidoarjo. Sistem ranjau inilah yang sulit dilacak. Sebab, pengedar akan meminta tolong ke kurir dan tidak langsung bertemu pemesan. Jika pemesan dan kurir tertangkap, maka pengedar otomatis tahu. “Mereka mengestimasi waktu pengiriman. Jika dianggap terlalu lama, maka mereka akan mengamankan diri karena ada indikasi orang suruhannya tertangkap,” jelasnya.

Ia memungkas bahwa meski sulit untuk menjaring jaringan narkoba tersebut, polisi tetap punya strategi untuk bisa mengungkap seluruh jaringan narkoba ini, polisi juga akan terus berinovasi dan mencari metode lain untuk menangkap para pengedar. @nggit