Dinas Perdagangan Kota Surabaya Gelar Bazar UKM

Kepala Bidang Pemasaran Kota Surabaya Joko Sulistyo, MM saat berikan sambutan di Bazar UKM Surabaya Kel. Manyar Sabrangan Kec. Mulyorejo

Surabaya, BeritaTKP.com – Melalui meningkatkan usaha kecil mikro (UKM), disemua bidang. Baik bidang usaha makanan dan minuman, Dinas perdagangan kota surabaya menggelar bazar UKM. Minggu 25/11/2017, diwilayah RW 12  Jl. Manyar Tegal Kelurahan Manyar Sabrangan kecamatan Mulyorejo, kegiatan tersebut dihadiri Dinas Perdagangan Kota Surabaya yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran Drs. Joko Sulistyo MM.

Camat Mulyorejo Drs. Sair MM, Kapolsek Mulyorejo, Kepala kelurahan Manyar Sabrangan Diana Tri Bandjaran Sari S.Sos., MM. Kepala kelurahan Kejawan Putih, Kepala kelurahan Kalisari, Kepala kelurahan Dukuh Sutorejo, Kepala Kelurahan Mulyorejo, Kepala Kelurahan Kalijudan, Ketua LPMK Manyar Sabrangan Naslipan, RW RT se – Kelurahan Manyar Sabrangan. Acara tersebut masyarakat menyambut antusias sekali, kedatangan Dinas Perdagangan kota surabaya yang diwakili Kepala Bidang pemasaran, disambut reog Ponorogo Singo Jati Bawono pimpinan Eyang Hartoyo. Drs Joko Sulistyo MM menjelaskan.’’ Kita meningkatkan produk UKM di Kota Surabaya, meningkatkan daya ekonomi, penumpangnya adalah dari UKM, disamping itu UKM yang ada di Surabaya kita bina melalui pahlawan ekonomi. Harapan saya nantinya UKM bisa profesional dan produktif kreatif. Jangan sampai bosan untuk usaha berjualan.’’ Jelasnya.

Para UKM juga diberikan pembinaan sebagai pahlawan ekonomi yang juga dari dinas perdagangan dan memfasilitasi perijiaan, SIUP, TDP dan Halal. Serta merk dagang maupun produk dipasarkan melalaui 7 sentra UKM yg dikelola oleh Dinas Perdagangan yang meliputi:

  1. Di MEER
  2. Di Siola
  3. Mal Cito
  4. Mal ITC
  5. Bandara Juanda
  6. Park In Ride
  7. Di Pelindo

Dari fasilitas diatas yang disediakan dan diberikan kepada UKM melalui Dinas Pemasaran kepada UKM, semuanya diberikan secara cuma-cuma dan gratis, terang Kabid Pemasaran Kota Surabaya Drs. Joko Sulistyo MM.

Bazar UKM  diikuti 27 dari 30 UKM yang ada diwilayah  Kelurahan Manyar Sabrangan. Di sela-sela santai Camat Mulyorejo memaparkan.’’ UKM ini kan digagas oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perdangan, pemerintah meningkatkan mutu produksi masyarakat melaui UKM, terutama makanan dan minuman.yang terpenting dalam proses pembuatannya melalui tahap – tahap ijinnya ada. dan halal, pemeritah selalu membantu ijinnya, gratis kok. Pungkas Drs Sair MM. Dari kegiatan usaha kecil mikro melalui Dinas Perdagangan, maysarakat beserta para UKM sangat antusias, selama ini mereka belum tau arah kemana cara jualnya sehingga bisa menambah peningkatan ekonomi keluarga.

Naslipan menambahkan.’’ Yang pertama saya sangat apresiasi kegiatan ini, dengan adanya kegitan semacam ini.  Jelas menambah inkam UKM yang ada di Kelurahan Manyar Sabrangan. UKM ini kedepan lebih tau kualitasnya, beliaunya tadi menjelaskan bahwa Dinas Perdagangan siap membantu baik mulai dari perijinan usahanya.’’ Jelasnya. Sebelumnya dalam hal pemasaran produk dari Masyarakat hanya lokal saja, setelah bergabung melalui UKM yang dikelola  Dinas Perdagangan. Bisa mengenalkan hasil dari UKM ke seluruh Indonesia.’’ Ini kesempatan baik bagi UKM disini, memamerkan hasil produksinya. Baik karya baju, sepatu maupun makanan dan minuman. Mudah-mudahan bisa lebih baik sehingga hasil produk mereka bisa lancar.’’ Terang Diana Tri Bandjaransari S.Sos, MM. Selaku lurah Manyar Sabrangan.(H San/Don)