Pekan Lingkungan Hidup, Pencanangan Gerakan Blitar, Menanam Dan Louncing Taman Keanekaragaman Hayati

Blitar, BeritaTKP.Com –  Pekan Lingkungan Hidup telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh komponen bangsa dalam menggerakan dan menggalakkan perhatian masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan. Terbukti dalam kegiatan pencanangan gerakan Blitar Menanam dan Louncing Taman Keanekaragaman Hayati oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Pelaksanaan pekan lingkungan hidup di desa Sumber Agung Kecamatan Panggung rejo Jumat dan Sabtu 24-25/11. Semua ini merupakan komitmen Presiden RI Joko Widodo untuk mengurangi emisi karbon sebesar 26%-41% pada tahun 2020. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI nomer 03 tahun 2012 dan juga berdasarkan Perda Kabupaten Blitar nomer 11 tahun 2011.

Tujuan pekan lingkungan hidup mengalang kerjasama dan kemitraan dengan masyarakat ,perangkat daerah ,swata dan lembaga lainnya dengan meningkatkan kegiatan penanaman pohon diseluruh wilayah Kabupaten Blitar.

Mendukung program nasional menanaman 25 pohon selama hidup dan mendukung pelaksanaan program-program pelestarian lingkungan yaitu : Desa Berseri, Adiwiyata, Pengembangan kota Hijau ( P2KH ), Eco-Pesantren, Desa Proklim dan Adipura.

Pencanangan Gerakan Blitar Menanam merupakan pencanagan sekaligus intruksi Bupati Blitar kepada warga masyarakat Blitar atas ditetapkannya Peraturan Bupati Blitar nomer 37 Tahun 2017 tentang Gerakan Blitar Menanam. Begitu juga dengan di Launcing Taman

Keanekaragaman Hayati ( KEHATI ) merupakan langka awal pembangunan Taman KEHATI seluas 10 Ha yang telah digagas oleh Kepala Desa Sumberagung Kecamatan Panggung rejo untuk mendukung program Menteri Lingkungan Hidup dan KehutanRI.

Melalui pembangunan Taman KEHATI diharapkan dapat menjadi sumber plasma nutfah, pelestarian flora dan fauna khas dan langka di Kabupaten Blitar serta obyek wisata alam.

Kegiatan pekan lingkungan hidup pada Sabtu 25/11 acara jalan sehat yang dilepas oleh Bupati Blitar H.Rijanto dan finis di lokasi Taman Keanekaragaman Hayati desa Sumberagung.

Turut dalam jalan sehat Bupati Blitar H.Rijanto, Ketua TP.PKK kabupaten blitar, Forpimda, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten  Blitar, Kepala Desa se kecamatan panggungrejo serta pengiat Lingkungan Hidup.

Acara tersebut Bupati Blitar penyerahan penghargaan bagi Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup  dan Sekolah Adiwiyata.

Saat diwawancarai Bupati Blitar H.Rijanto mengatakan sangat mengapresiasikan dengan kegiatan pekan lingkungan hidup yang di laksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar. Hal ini adanya kegiatan seperti Lomba Paduan suara, Melukis ditempat Sampah, Jalan sehat dan Bazar pameran bertempat Taman KEHATI desa Sumberagung. Taman KEHATI yang baru diresmikan, merupakan areal untuk melestarikan lingkungan yang dikelola oleh desa.

Namun akan didukung dari semua lintas sector, sehingga menjadi kawasan yang betul-betul menjadi hutan taman tanaman langka, tanam keras dan bermanfaat bagi wisata alam kedepannya. Begitu juga Dinas Lingkungan Hidup didukung oleh instansi yang lain  melaksanakan pembinaan terhadap sekolah-sekolah dengan nama sekolah Adiwiyata.

Dari tahun ke tahun sekolah di Kabupaten Blitar mendapat Adiwiyata tingkat Propinsi dan Nasional, dimulai MTs Jabung,Min Ngaringan, Mts Tegalasri dan juga disusul tahun 2017 SMPN 2 Wlingi mendapat Adiwiyata Mandiri,”tegasnya.

Lanjut Rijanto mengajak masyarakat mari kita lestarikan alam jaga lingkungan dan keanekaragaman hayatinya kareana ia merupakan anugrah tak ternilai dari Tuhan Yang Maha Esa kepada Manusia. Dengan Gerakan Blitar Menanam dan Peraturan Bupati Blitar meminta kepada masyarakat maupun steakholder setiap 1 orang menanam 25 pohon selama hidup,”pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir.M.Krisna Triatmanto,M,Si saat diwawancarai mengatakan dalam Launcing Taman Keanekaragaman Hayati mengarap kepada masyarakat berpartisipasi dalam upaya meningkatkan penghijauan menanam.

Dimana kewajiban menanam setiap 1 orang menanam 25 pohon. Berharap partisipasi setiap masyarakat umum, sekolah, perkantoran maupun dari swasta secara bersama-sama kita melaksanakan gerakan menanam kelestarian di Kabupaten Blitar. Untuk bibit pohon pihak Dinas Lingkungan Hidup siap menerima dari perorangan maupun CSR dan mendistribusikan ke setiap tempat yang ada di Kabupaten Blitar,”ujarnya.

Lanjut Krisna program-program penghijauan ini harus ditindak lanjuti oleh masyarakat agar meningkatkan penghijauan dikawasan terutama kawasan selatan,”ungkapnya. (fma)

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda