Bea Cukai Jatim I Musnahkan Rokok dan Pita Cukai Ilegal Hasil Ungkap Kasus 2017

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – 187 kasus pelanggaran pita cukai, rokok ilegal, dan tembakau berhasil di ungkap oleh Bea Cukai Jatim I, bahkan dalam hal ini sebanyak 32.189.360 batang rokok ilegal yang Nilainya mencapai Rp 9.727.863.600 diamankan, selain itu Barang bukti rokok dan pita cukai ini dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan membakar rokok dan pita cukai tersebut.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kanwil Jatim I Muhammad Purwantoro mengujarkan bahwa Selain rokok, DJBC Jatim I juga melakukan penindakan berupa pita cukai palsu sebanyak 12 rim total 6.000 lembar, 4 rim total 500 lembar, dan 2.047 lembar dengan jumlah total petensi kerugian negara mencapai Rp 1.232.803.773. Dalam kasus ini telah ditetapkan 6 orang tersangka dan saat ini perkara telah dinyatakan lengkap (P21).

Penindakan ini hasil dari kegiatan selama tahun 2017 dan hasil penindakan ini berasal dari wilayah DJBC Jatim I dan dari provinsi lain yang akan di distribusikan ke daerah lain melalui Pelabuhan Tanjung Perak. “Sampai saat ini masih banyak rokok yang tidak dilengkapi cukai masih beredar, dengan beredarnya rokok ilegal ini pendapatan penerimaan pajak melalui cukai kurang optimal,” ungkap Purwantoro.

Ia juga mengungkapkan di wilayah Jawa Timur masih banyak rokok-rokok ilegal tanpa dilengkapi cukai atau cukai tidak pada mestinya. Kasus ini secara umum banyak ditemukan merata hampir di kota-kota seluruh jawa timur dan wilayah Paling banyak di wilayah Madura, selain itu juga di daerah-daerah lain seperti Sidoarjo, Pasuruan, dan Bojonegoro.

Sementara itu dalam penindakan ini DJBC Jatim I telah melakukan kegiatan penyidikan sebanyak 25 penyedikan. Dan sudah 20 orang menjadi tersangkanya dan sudah di tetapkan statusnya menjadi P21. dalam penindakan ini DJBC Jatim I telah melakukan kegiatan penyidikan sebanyak 25 penyedikan. Dan sudah 20 orang menjadi tersangkanya dan sudah di tetapkan statusnya menjadi P21. @anggit