Terjerat Kasus Narkoba Biduan Dangdut Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

0
93

Surabaya, BeritaTKP.Com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Irene Ulfa mendakwa 5 pengguna obat obatan terlarang jenis 1 narkotika  yakni Palindi Candra alias Lendi, Mohammad Abdul Choliq, Lusi Suryadi Candra, Ervina Varia Ningsih, dan Ani Komalasari menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Kelimannya di dakwa lantaran telah melanggar pasal 114 ayat 1 jo pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman lima tahun, dan saat menjalani sidang kelima tersangka yang duduk di kursi persakitan kompak meminta direhabilitasi oleh hakim ketua Syifa’urosyidin.

Dan setelah pembacaan dakwaan dan pemeriksaan saksi dilakukan, sidang langsung dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan terdakwa, Duduk di kursi pesakitan, kelima terdakwa ini kompak mengaku sebagai pemakai sabu. Bahkan untuk menguatkan alibinya, kelima terdakwa mengajukan surat rehabilitasi dari dr Arifin, dokter Rutan Klas I Surabaya (Rutan Medaeng).

Dalam hal ini juga anggota majelis hakim Agus Hamzah mencecar pertanyaan perihal surat rehabilitasi tersebut, kelima terdakwa tampak gelagapan. “Riwayat medis keluar kapan? Diperiksa berapa kali? Ditangkap kapan?” tanya hakim Agus kepada para terdakwa. Atas pertanyaan tersebut, terdakwa Palindi mengaku bahwa surat rehabilitasi yang diterbitkan dr Arifin keluar pada Juni 2017. “Saya diperiksa dua kali, ditangkap pada Agustus 2017,” jawabnya.

Kelima terdakwa juga mengaku sudah lama mengkonsumsi barang haram tersebut. Namun baru kali ini ditangkap anggota kepolisian. “Pekerjaan saya penyanyi. Sebenarnya saya sudah 2 tahun pakai sabu. Saya pakai sabu untuk menambah stamina,” kata terdakwa Ervina Varia Ningsih. @rzk