32 Warga Asing Di Deportasi Imigrasi Malang

0
77

Malang, BeritaTKP.Com – Kantor Imigrasi Kelas I Malang dalam kurun waktu 1 tahun sebanyak 32 warga negara asing (WNA) dideportasi hal ini diungkapkan oleh Novianto Sulastono selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang.

Ia menyatakan bahwa WNA asal China mayoritas dideportasi akibat menyalahgunakan izin tinggal. Selain China, ada juga warga Malaysia dan Timor Leste. Sebanyak 24 warga negara asing terdiri dari 24 laki-laki dan delapan perempuan. Kalau WNA dari Timor Leste dan Malaysia dideportasi karena over stay. WNA yang over stay ini 70 persennya adalah pelajar,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwasanya Imigrasi Malang rutin melakukan penindakan warga negara asing. Sebab, terjadi peningkatan dari 26 WNA yang ditangkap pada tahun 2016 menjadi 32 WNA di tahun ini. Pemilik penginapan dan hotel pun diminta aktif memantau keberadaan warga negara asing. “Kami semakin gencar melakukan sosialisasi khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kami juga meningkatkan pengawasan pada orang asing, para pemilik penginapan atau hotel juga dihimbau melapor pada kami jika ada warga asing yang menginap di tempatnya melalui aplikasi pengawasan orang asing,” ujarnya.

Novianto menegaskan Imigrasi Malang tidak segan menindak tegas warga negara asing yang melanggar aturan. Mulai ancaman deportasi hingga mengambil langkah hukum pro justisia, untuk memberikan efek jera bagi warga asing yang melanggar aturan.”Dengan pro justisia, warga asing yang melangar aturan akan mendapatkan tindakan hukum yang lebih jelas. Efeknya tidak hanya bagi yang bersangkutan, namun juga efek jera bagi warga Negara asing lainnya,” ujar Novianto.

Dan saat ini, langkah hukum pro justisia tersebut telah diberlakukan bagi salah seorang WNA asal Cina berinisial SZ. Dari kasus penyalahgunaan izin tinggal, kini telah terbit P21 di Pengadilan Negeri Kepanjen. @irul