Tipu Rp.14 Juta, Petugas PLN Gadungan Terancam 4 Tahun Penjara

Surabaya, BeritaTKP.Com – M. Tohir terdakwa atas kasus penipuan hingga merugikan korbanya sebanyak Rp.14 juta dengan modus menyamar sebagai petugas PLN dan sanggup memindahkan dua tiang listrik, akibat ulahnya tersebut kini ia duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Dalam sidang tersebut Jaksa penuntut umum (JPU) Sukisno dari Kejari Surabaya menjelaskan, bahwa terdakwa mendatangi rumah korban Mochammad Romli di daerah Kapasan, mengaku sanggup memindahkan dua tiang listrik yang ada didepan rumahnya dengan biaya sebesar Rp 14 juta.

“Terdakwa dengan menggunakan seragam biru dan topi merah bertuliskan PLN, mendatangi rumah korban dan menawari pemindahan dua tiang listrik dengan biaya Rp 14 juta sebagai uang muka (DP) karena beresiko tinggi,” terang Jaksa Sukisno.

Dengan bujuk rayu terdakwa korban menyepakati harga yang ditawarkan dan membayar dengan ditransfer ke rekeneing terdakwa, korban yang sudah membayar atas kesepakatan pemindahan dua tiang listrik tersebut, namun terdakwa tidak dapat menepati janjinya.

Bahkan dalam dakwaan tersebut juga mengungkapkan bahwa , terdakwa hobby berfoya-foya di cafe dimana uang hasil kejahatannya digunakan untuk beraenang-senang dibeberapa tempat hiburan bahkan Uang hasil kejahatannya tersebut, oleh terdakwa beberapa kali digunakan berfoya-foya dibeberapa cafe diantaranya, WM cafe, Makassar dan Top One, kini Atas kejahatannya, terdakwa didakwa pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. @harynt