Polrestabes Surabaya Jaring Sindikat Pelaku Curanmor

0
139

Surabaya, BeritaTKP.Com – Jelang akhir tahun Satreskrim Polrestabes Surabaya membongkar sindikat pencurian sepeda motor (curanmor) hal ini merupakan hasil pengembangan hingga penyelidikan dari penangkapan seorang pelaku bernama Ardian Siswoko alias Dian

Sebelumnya penangkapa pria berusia 35 tahun yang tinggal di Jalan Tengger Kandangan, Surabaya itu ada di Jalan Kedung Cowek Surabaya, tepatnya pada 18 Desember 2017, saat itu tersangka sedang mengendarai sepeda motor hasil curian yang pelat nomornya sudah diganti, lalu dikembangkan oleh anggota kepolisian sampai berhasil mengamankan empat pelaku lainnya.

Dan dari pengembangan tersangka pertama polisi mendapatkan empat pelaku lainya yakni Fauzi (41), Muhammad Choirul Alam (39), Wahyu Gading Utomo (30), dan Gilang Pranata (23). Semuanya merupakan warga Jalan Candi Lontar Surabaya.

Polrestabes Surabaya Kompol I Dewa Gede Juliana mengungkapkan bahwa para pelaku merupakan sindikat pencurian sepeda motor dari jaringan pelaku Ardian Siswoko yang ditangkap terlebih dahulu, Masing-masing punya peran yang berbeda-beda Pelaku Ardian Siswoko merupakan eksekutor pencurian sepeda motor dengan cara merusak kunci kontak menggunakan kunci T dan  kempat pelaku tersebut ditangkap di rumahnya masing-masing.

Sementara itu dari aksi pencurian tersebut Anang dan M Choirul sendiri berperan sebagai pengawas agar pencurian yang dilakukan Ardian berjalan lancar tanpa diketahui masyarakat, sedangkan Pelaku Wahyu berperan memberi informasi dan sekaligus ikut menjual sepeda motor hasil curian.

Dan pelaku Gilang Pranata berperan mengganti pelat nomor sepeda motor hasil curian dengan pelat nomor palsu untuk mengelabuhi polisi saat dikendarai di jalan raya

Selain mengamankan tersangka polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit sepeda motor hasil curian, satu unit sepeda motor kendaraan yang biasa digunakan untuk melakukan pencurian sepeda motor, dan satu set kunci model T.

Dari hasil penyelidikan sementara yang dihimpun polisi, komplotan sindikat ini telah melakukan pencurian sepeda motor di lima lokasi tempat kejadian perkara wilayah Kota Surabaya. “Kami masih mengembangkan penyelidikan seandainya ada korban di tempat kejadian perkara lainnya dari kejahatan yang dilakukan komplotan ini,” pungkas Kompol I Dewa Gede Juliana. @haryanto