Hampir Dihajar Massa, Jambret Dompet di Dashboard Motor Diamankan Polisi

Surabaya, BeritaTKP.Com – Anggota Reskrim Polsek Rungkut berhasil mengamankan seorang jambret yang hampir menjadi bulan bulanan warga, yakni Tito Wahyu Priyatna (24) warga Dusun Gebang RT 2 RW 2 Langenharjo, Plemahan, Kediri yang tinggal di Rusun Penjaringansari yang nekat menjambret dompet milik Sumiati (35) warga Jalan Griya Amerta Blok R nomor 1 Wonoayu, Rungkut yang ditaruh di dashboard motor.

Penjambretan itu terjadi di Jalan Graha YKP Putra, Rungkut Surabaya, Sabtu pagi 30/12/2018 pukul 07.00 dalam hyal ini pelaku sempat berhasil mengambil dompet dari dashboard motor korban. Korban langsung berteriak maling dan massa pun mengejar dan mengepungnya. Akhirnya, polisi yang berpatroli berhasil membekuknya.

Berawal saat korban pergi ke toko untuk belanja kebutuhan rumah tangga. Karena dompet bentuknya panjang dan besar, dompet ditaruh di dashboard motor depan sebelah kiri. Awalnya santai-santai saja korban saat mengendarai motor. Namun ketenangan itu terusik saat korban melintas di Jalan Graha YKP Putra Rungkut. Korban saat itu menyalip seorang pemuda yang mengendarai sepeda motor dalam kondisi melaju pelan-pelan.

Usai menyalip, korban dibuntuti pelaku. Tak lama kemudian, tiba-tiba pelaku memepet motor korban dari sebelah kiri. Setelah di pepet dompet korban di dashboard depan langsung diambil pelaku sukses mengambil dompet pelaku tancap gas kabur. Korban yang panik langsung teriak maling. Teriakan itu direspon dengan cepat oleh polisi yang melintas dari belakang korban.

Tak hanya polisi, warga sekitar juga turut mengejar pelaku menggunakan motor dan Setelah dikejar anggota menggunakan mobil patroli, pelaku berhasil dibekuk belum jauh dari lokasi
Kapolsek Rungkut Kompol Esti Setija Oetami menjelaskan bahwa pelaku cepat dibekuk lantaran sudah terkepung. Polisi mengamankan pelaku ke mobil patroli untuk dibawa ke Mapolsek, karena takut menjadi amukan massa.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti satu buah dompet berwarna cokelat yang berisi uang Rp 900 ribu dan satu buah HP merek Advan warna putih dan atas perbuatanya Tersangka dikenakan pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. Ancaman hukumannya maksimal sembilan tahun kurungan penjara. @lutf/haryanto