Jual Hasil Kejahatan, Residivis Di Sidoarjo Tertangkap Lagi

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – Seorang residivis kambuhan asal Desa Suruh RT 12 RW 03, Kecamatan Sukodono ini seakan tidak punya rasa kapok bagaimana tidak, setelah tau rasanya pengap sel tahanan ia malah berulah lagi Andik Hindrawan (37) diamankan oleh petugas usai melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) di sebuah rumah kosong di Dusun Pathuk, Desa Sidomulyo Kecamatan Krian.

Ia diamankan saat setelah menjual perhiasan hasil curian di toko emas kawasan Pasar Krian. Karena sebelum pelaku menjual perhiasan hasil kejahatannya, korban lebih dulu berkordinasi dengan pegawai toko emas dan memberitahukan bahwa perhiasan bersama surat-suratnya telah hilang dicuri.

Sesaat setelah korban menghubungi pegawai toko emas, pelaku datang untuk menjual emas hasil curiannya. Pegawai yang sebelumnya diajak kordinasi itu menelpon korban, Karena pelaku mendengar percakapan pegawai dengan korban, tiba-tiba Andik melarikan diri. Namun, karena kesigapan tukang parkir setempat, pelaku berhasil dikejar dan ditangkap bersama petugas jaga pos Pam Pasar Krian dan dibawa ke Mapolsek Krian.

“Pelaku berhasil kami amankan bersama barang buktinya berupa gelang emas seberat 7,8 gram, kalung 4,15 gram, cincin 3 gram, uang tunai sebesar Rp 300 ribu hasil penjualan yang diletakkan di saku jaket dan TV Led 32 inc hasil pengembangan,” ungkap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Setelah berhasil di tangkap dan diamankan Andik mengakui seorang residivis dengan kasus yang sama dan sempat ditahan selama 3 bulan. Pelaku juga pernah melakukan perbuatan sama di lain daerah Krian. Untuk memastikan bahwa pelaku ini seorang spesialis pencurian rumah kosong, petugas akan berkordinasi dengan Polsek lainnya. “Apakah tersangka juga sering beraksi di daearah lain di wilayah Sidoarjo, masih kami kembangkan,” imbuh Bayu.

Dalam kasus ini pelaku menyatroni rumah korban saat ditinggal penghuninya merayakan tahun baru di kawasan Pacet. Setelah pulang, korban kaget bukan kepalang setelah melihat isi rumah acak-acakan. Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang dan TV Led juga hilang. Sebelum beraksi, rumah korban di selidiki dari dekat dulu. Setelah dipastikan rumah kosong, pelaku merusak gembok pagar dan mencongkel pintu rumah dan menguras barang berharga. Atas perbuatanya Pelaku dijerat dengan pasal 363 dengan ancaman 9 tahun penjara. @anggit

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda