Mark-Up Anggaran Program Jalin Matra Desa Sumber Kepuh

Nganjuk, BeritaTKP.Com – Program Jalin Matra dari dinas sosial Propinsi Jawa Timur yang di terima warga desa Sumber Kepuh Kecamatan Lengkong terindikasi adanya mark-up anggaran yang cukup signifikan.

Hasil dari olah TKP awak media terhadap beberapa warga penerima bantuan di Desa Sumber Kepuh Kecamatan Lengkong Nganjuk menjelaskan warga mendapat bantuan Jalin Matra senilai Rp.2,5 juta tapi menurutnya nilai barang yang mereka terima di rasa tidak sesuai atau lebih mahal. Warga tersebut menerima bantuan berupa kulkas 1 pintu merk Sharp, kompor gas miyako, tangki semprot untuk pertanian dan sembako.

Begitu pula penjelasan warga yang buka usaha di bidang warung mendapat kompor merk rinai lengkap, etalase rokok, marimas 11 renteng, extrajoss, kukubima 1pak, gula 2kg, minyak 2 liter, blender+mixer merk politron, rokok grendel 1pres dan sembako kalau di nilai baramg tersebut kurang dari Rp. 2 juta.

Informasi lain dari warga yang di bidang peternakan terima kambing 2 ekor jenis domba dengan nilai harga per ekor Rp. 1 juta ditambah sembako menurut perkiraannya bila di lihat dari kondisi besat kecilnya kambing harga tersebut tidak sesuai sedangkan sembako sekitar Rp.200 ribu an.

Pada saat konfirmasi ke perangkat Desa Sumber Kepuh menjelaskan, program Jalin Matra ini termasuk untuk Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM) jumlah dana semuanya Rp. 300.003,500 di kurangi Rp. 275 juta untuk penerima bantuan dibagi 108 anggota masing-masing mendapat Rp. 2,5 juta setiap anggota kena pajak sebesar 3 persen sisanya honor pendamping dan panitia.

Bantuan Jalin Matra ini di terima dari dinas Propinsi dan permintaan barang di sesuaikan dengan permintaan warga yang menerima. Untuk Desa Sumber Kepuh pembagian pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017 di hadiri dari team Kecamatan dan Kabupaten di wakili oleh pendamping Pemdes Ibu Endah Pujiati.

Penerima bantuan Jalin Matra di Desa Sumber Kepuh ada beberapa bidang usaha antara lain warung kopi, loundry, pertukangan, pertanian, pracangan, dan usaha tambal ban. Masing-masing di berikan sesuai dengan bidang usahanya dan sisa anggaran di belikan sembako.

Untuk jumlah kambing semuanya 88 ekor dengan harga persatuan sma rata Rp. 1juta. Setiap anggota ada yang mendapat satu ada yang dua tergantung dari permintaan tiap anggota.

Sedangkan untuk team pengadaan barang Jogoboyo, LPM, Ketua Pelaksana, dan Kades di tambah ketua pelaksana. Dari 108 anggota ini di bagi jadi 6 kelompok setiap kelompok ada Ketua dan pendamping dan nama kelompok Mawar 1-3 Melati 1-3 jelas Kamituwo sambil menambahkan bahwa anggota merasa senang atas bantuan Jalin Matra ini. (Hary)