Hamili Gadis 16 Tahun, Warga Sidowungu Dipolisikan

Gresik, BeritaTKP.Com – Kelakuan bejat yang dilakukan oleh Yudah Nur Rifal, mendapatkan hukuman setimpal, bagaimana tidak warga Sidowungu, Kecamatan Menganti, Gresik tersebut telah menyetubuhi RF yang usianya terbilang masih di bawah umur yakni 16, hingga hamil dan melahirkan bayi.

Hingga akhirnya Yudah diseret ke kursi pesakitan akibat menyetubuhi RF sebanyak dua kali. Pertama, perbuatan tidak senonoh dilakukan pada Januari 2017 lalu dirumah terdakwa saat kondisi rumahnya sepi. Kedua, persetubuhan dilakukan pada Maret 2017 di pekarangan kosong belakang rumah korban.

Kejanggalan terlihat sekitar bulan Juli. Keluarga korban curiga lantaran perilaku korban banyak perubahan. Mulai dari sikapnya yang murung, kemudian tidak pernah mengalami menstruasi. Yang lebih menonjol lagi bagian perut semakin buncit. Ternyata, korban sudah hamil 3 bulan. Sampai akhrinya, keluarga korban melaporkan Yudah ke pihak berwajib.

Dan dalam kasus ini Yudah terbukti melanggar pasal 81 ayat 2 UU RI no 35 tahun 2004. Tentang perubahan UU RI no 23 tahun 2012 tentang perlindungan anak jo pasal 64 ayat 1 KUHP. Yakni tentang melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan, memaksa melakukan persetubuhan terhadap anak di bawah umur tak hanya itu Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gresik menjatuhkan hukuman 9 tahun penjara serta denda Rp 50 juta.

Jaksa penuntut umum (JPU) Esti Harjanti Candrarini menerima vonis yang dibacakan hakim. Dia menganggap hukuman itu sudah sesuai dengan perbuatan terdakwa. Karena perbuatannya, korban harus menanggung malu dan trauma. Menurut dia, vonis tersebut turun 16 bulan dari tuntutan jaksa selama 10 tahun penjara, denda Rp 50 juta dan subsidair 8 bulan.

Sementara itu Penasehat Hukum (PH) terdakwa Rizal Hariyadi dari Posbakum PN Gresik mengatakan, dirinya tidak bisa berbuat banyak. Semua keputusan terdakwa yang menentukan. “Kami serahkan semuanya sama terdakwa,” paparnya. @heriC