Pemerintah Kota Madiun Serius Tangani RTH

Madiun, BeritaTKP.com – Pemerintah Kota Madiun sangat serius dalam menangani perluasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai paru-paru kota, terbukti beberapa tahun terakhir jumlah RTH di beberapa titik sudut Kota Madiun terus bertambah.

          Salah satunya RTH Kartini dengan didukung fasilitas internet wifi gratis, setiap waktu pasti ada pengunjung yang menyempatkan diri hanya untuk sekedar bersantai maupun berfoto selfi, dan jogging.

          “Sering datang ke RTH bersama teman ataupun keluarga untuk bersantai, karna tempat yang nyaman dan enak serta didukung fasilitas wifi yang gratis juga” kata Indra Dwi saat ditemui dilokasi pada Minggu (14/1).

          RTH ini sendiri merupakan area memanjang yang berbentuk jalur dan atau mengelompok yang penggunaannya bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik secara alami maupun yang ditanam secara sengaja. Menurut Undang-undang No. 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang menyebutkan bahwa 30% wilayah Kota harus berupa RTH yang terdiri dari 20% Publik dan 10% Private.

          Yang dimaksud RTH Publik ialah RTH yang dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah (Kota/ Kabupaten) yang digunakan untuk kepentingan masyarakat umum, sedangkan RTH Private ialah RTH yang dikelola oleh institusi atau perorangan  yang memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dan sederhana.

          RTH ini juga diharapkan mampu menjalankan empat (4) fungsi yaitu sebagai Fungsi Ekologis : paru-paru kota, sebagai peneduh, resapan air, dll., Fungsi Sosial Budaya : media komunikasi, jati diri suatu daerah, tempat wisata keluarga, dll., Fungsi Ekonomi : pemanfaatan bunga, buah, daun dan batang untuk dijual., dan Fungsi Estetika : meningkatkan kenyamanan dan memperindah lingkungan. (DYN)

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda