Buang Limbah Sembarangan, PT Mitra Saruta Indonesia Akan Dipanggil Polisi

Gresik, BeritaTKP.Com  – Pembuangan limbah di sungai Desa Lebanisuko, Kecamatan Wringinanom yang dilakukan oleh PT Mitra Saruta Indonesia di tanggapi oleh satreskrim polres gresik, dalam kasus ini Penyidik Unit Tipter Satreskrim Polres Gresik segera memanggil  manajemen PT Mitra Saruta Indonesia. Pemanggilan itu terkait dugaan pembuangan limbah tersebut.

Iptu Agung Joko Haryono selaku Kanit Tipiter Satreskrim Polres Gresik mengujarkan bahwa pihaknya memang akan memanggil manajemen. Ini dilakukan untuk memastikan apakah limbah tersebut merupakan milik perusahaan tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa Dalam pemanggilan ini pihaknya juga ingin mengetahui izin – izin yang dimiliki perusahaan tersebut untuk proses selanjutnya pihaknya masih menunggu hasil lab yang dilakukan dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik. Sehingga, bisa diketahui kandungan limbah yang dibuang disungai tersebutdan untuk mengetahui Apakah termasuk limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) atau tidak.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Baktiar Gunawan Hutabarat menjelaskan , pihaknya belum bisa memastikan jenis limbah yang dibuang di aliran sungai tersebut. Saat ini pihaknya masih melakukan uji lab terkait kandungan kimia yang ada di dalam aliran air tersebut. “Kami sudah mengambil sampel limbah yang dibuang di aliran sungai. Nanti kami uji lab dulu,” terang dia.

Dan terkait dengan perusahaan yang membuang limbah tersebut, lanjut dia, dugaan awal memang berada di sekitar aliran sungai tersebut. Namun, pihaknya juga belum bisa memastikan sebelum dilakukan penyelidikan lebih lanjut. @heriC

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda