Perusahaan Batubara Milik PT Tujuh Kuda Hitam Sakti, Disegel Dinas Perizinan

Gresik, BeritaTKP.Com – Lantaran mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) PT Tujuh Kuda Hitam Sakti, Perusahaan di Kecamatan Kedamean yang bergerak di bidang barubara di segel oleh Pelayanan Terpadu Satu Ruang (DPM-PTSP) Gresik.

Penyegelan pabrik di Desa Katimoho, Kecamatan Kedamean dipimpin Kepala Dinas DPM – PTSP Gresik Mulyanto.  Selain tidak memiliki IMB, perusahaan tersebut ternyata juga melanggar izin tata ruang, padahal sebelumnya DPM-PTSP juga menyegel pabrik PT Tujuh Kuda Hitam di Kecamatan Manyar beberapa waktu lalu, sebelum dilakukan penyegelan bangunan, pihaknya sudah memberikan surat teguran, namun tidak ada respon dari perusahaan.

Dalam hal ini ia menjelaslkan bahwa Desa Katimoho, Kecamatan Kedamean peruntukan ruangnya seharusnya untuk pemukiman. Bukan untuk didirikan pabrik dan sesuai aturan kesalahan penggunaan tata ruang wilayah bisa diancam dengan hukuman pidana. Yakni, untuk perusahaannya hukuman maksimalnya 3 tahun penjara dan denda Rp 500 juta, Sedangkan untuk pejabat yang memberikan izin hukuman maksimalnya 5 tahun penjara.

Dan setelah dilakukan kajian ternyata sampai saat ini perusahaan tersebut tidak mengkantongi izin tata ruang. Jadi tidak ada pejabat yang memberikan izin untuk menempati wilayah tersebut. “Belum ada izinnya, jadi perusahaan sendiri yang nekat membangun di lokasi yang tidak sesuai dengan tata ruangnya,” ungkapnya. @red

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda