Berusaha Kabur, Pelaku Curas Tewas Di Tembak Polisi

0
103

Sumenep, BeritaTKP.Com – Anggota polres sumenep berhasil melumpuhkan tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) bahkan pelaku di tembak hingga tewas lantaran melawan yakni Moh. Sirat (33), warga Desa Jaba’an, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Sirat berusaha kabur dan melawan petugas,  Tiga kali tembakan peringatan tidak dihiraukan hingga tersangka tetap melakukan perlawanan dan terpaksa anggota melumpuhkannya.

Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kepala Bagian Perencanaan Polres, Kompol Endri Prasetyo Utoro menjelaskan menjelaskan bahwa sempat terjadi pergulatan antara Sirat dan anggota yang mengawalnya. Bahkan Sirat merusak borgol di tangannya dan mencoba merampas senjata api anggota, Karena dianggap membahayakan, anggota melepaskan tembakan dan mengenai dada kiri tersangka. Tersangka dibawa ke rumah sakit, namun akhirnya meninggal.

Sebelumnya pelaku merupakan spesialis pelaku penjambretan yang meresahkan masyarakat. Saat melakukan aksinya, tersangka mengendarai sepeda motor berboncengan, kemudian mendekati para korban yang membawa tas atau dompet, dan mengambil paksa.

korban yang diincar ini dipepet, kemudian tasnya diambil paksa. Kalau korban berusaha mempertahankan tasnya, maka tersangka akan menendang sepeda motor korban hingga korban terjatuh. Setelah itu, Sirat mengambil tasnya dan kabur.

Hingga akhirnya Sirat berhasil ditangkap di lokasi lomba burung di Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep. Usai ditangkap, Sirat diminta menunjukkan tempat persembunyian temannya yang kerap ikut melakukan aksi penjambretan.

Saat tempat yang ditunjukkan Sirat digeledah, tersangka yang diincar tidak ditemukan, setelah itu, Sirat diminta menunjukkan tempat-tempat ia melakukan aksinya. Ternyata saat menunjukkan TKP keempat, Sirat tiba-tiba melakukan perlawanan terhadap petugas Kepolisian hingga borgol lepas. Bahkan Sirat berusaha merebut senjata api anggota.

“Karena itu, anggota langsung melepaskan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali, namun tidak digubris. Bahkan tersangka sempat bergulat dengan anggota, hingga akhirnya anggota melepaskan tembakan dan mengenai dada kiri Sirat,” ungkap Kompol Endri.

Usai tertembak, Sirat sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong. Sementara untuk teman Sirat yang diduga ikut membantu melakukan aksi penjambretan, saat ini tengah dalam pengejaran kami. Identitasnya sudah diketahui petugas. @sul