Mantan Dirut PDAM Sidoarjo Divonis 8 Tahun Dan Denda Rp 500 Juta

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – Sugeng Mujiadi Mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo divonis hukuman yang lebih berat lagi yakni 8 tahun oleh Mahkamah Agung (MA) Sebelumnya, dalam putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Sugeng divonis 4 tahun penjara, lalu dalam proses banding di PT hukumannya menjadi 6 tahun. Selain hukuman 8 tahun itu, Sugeng juga dijatuhi denda Rp 500 juta.

Sebelumnya di Tipikor, Jaksa Penuntut Umum (JPO) menuntut Sugeng 8 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan. Tidak hanya itu, Sugeng juga diminta mengembalikan kerugian negara Rp 1,4 miliar. Jika uang tersebut tidak bisa dibayar maka sugeng harus menjalani hukuman 4 tahun kurungan penjara.

Tetapi dalam vonisnya, Tipikor menjatuhkan hukuman 4 tahun dan terdakwa tidak dibebani denda. Akhirnya JPU banding ke PT dan vonisnya naik menjadi 6 tahun, tetapi juga tidak dikenakan denda meski hukumannya menjadi 6 tahun penjara.Adi Harsanto saat ditanya kasasi terpidana lainnya dalam perkara ini yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Andriani Puspaningtyas dan Ketua Kelompok Kerja Proyek Pipanisasi Amiruddin Fauzi, mengaku belum mengetahui

Hal ini juga disampaikan oleh Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Sidoarjo Adi Harsanto, Rabu (24/1). “Kasasinya turun Minggu kemarin. Putusan kasasi MA itu sesuai dengan tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya yang menuntut Sugeng Mujiadi 8 tahun penjara,” kata mantan Kasi Intel Kejari Sumenep ini.

Ia juga mengungkapkan putusan MA ini memang jauh lebih berat dibandingkan dengan putusan Pengadilan Tipikor Surabaya di Juanda dan PT. “Memang putusannya lebih berat dari putusan Pengadilan Tipikor. Jadi masa hukumannya bertambah,” jelasnya dan untuk proses hukum yang sampai ke tingkat kasasi, adalah upaya yang dilakukan Kejari Sidoarjo. @nggit