Gelapkan Sepeda Motor, Pemuda 23 Tahun Diamankan Polisi

Gresik, BeritaTKP.Com – Menawarkan bantuan kepada korbannya untuk menggadaikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sepeda motor adalah modus kejahatan yang dilakukan oleh Kiki Adi Putra, (23) warga Kelurahan Kuranji RT 03 RW 04, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Bahkan ia nekat membawa kabur sepeda motor milik Zainul Khilmi (34) warga Desa Kramat,  Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik, Peristiwa tersebut terjadi saat tersangka menawarkan bantuan kepada korbannya untuk menggadaikan BPKB sepeda motor dengan beralasan untuk memproses pengajuan gadai, tersangka berpura-pura meminjam sepeda motor korban beserta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan BPKB-nya.

Korban yang percaya mengiyakan tersangka membawa sepeda motor miliknya Mio AE 6563 XY bersama surat-suratnya hingga beberapa hari tersangka tak kunjung kembali dan untuk menyiasati petugas, tersangka mengganti plat nomor kendaraannya dengan plat nomor palsu.

“modus tersangka sangat licin. Dia memanfaatkan korban yang saat itu sedang membutuhkan bantuan. Bukannya memberikan bantuan, malah membawa kabur motor kabur. Kemudian, mengganti plat nomor palsu. Tujuannya supaya tidak diketahui oleh korban maupun anggota kepolisian,” ungkap Kanit Pidana Umum (pidum) Ipda Moch Daud.

Dalam kasus ini selain mengamankan tersangka petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Mio AE 6563 XY dan kini akibat perbuatanya tersangka dijerat dengan pasal 372 dan atau 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. @red

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda